Nintendo dan The Pokemon Company sudah memulai beta test untuk Pokemon Go, tapi sayangnya acara ini hanya untuk mereka yang mendapatkan undangan invitation-nya saja. Tapi jangan khawatir, banyak peserta beta test tersebut yang berbaik hati membagikan pengalaman mereka dengan memperlihatkan video gameplay dan banyak juga informasi gameplay yang dihasilkan dari data mining. Sayangnya video gameplay yang diperlihatkan tidak menampilkan bagaimana gamenya berjalan tapi hanya memperlihatkan pembuatan karakternya.

Dan informasi yang terungkap dari data mining diantaranya adalah:

  • Pemain akan bisa membuat dan mengubah tampilan karakter. Kalian akan bisa bergabung ke salah satu dari tiga tim: Red, Blue dan Yellow.
  • Tidak ada pertarungan melawan Pokemon liar, Untuk menangkap Pokemon, kalian hanya perlu menyentuh Poke Ball dan melemparnya.
  • Pokemon akan memiliki sifat: Stoic, Assassin, Guardian, Raider, Protector, Sentry dan Champion.
  • Pokemon memiliki tingkat CP. Masih belum diketahui ini untuk apa tapi beberapa orang memperkirakan ini singkatan dari Capture Point. Semakin tinggi nilainya, maka semakin sulit Pokemon tersebut ditangkap.
  • Akan ada Pokemon normal, legendary dan mythical. Semua tipe Pokemon ada, termasuk tipe yang paling baru yaitu Fairy.
  • Pokemon bisa berevolusi dengan menggunakan Evolution Shards yang didapatkan dari Pokemon liar. Setelah kalian mengumpulkan cukup banyak shard, kalian akan mendapatkan Evolution Stone.
  • Sepertinya tidak akan ada status ailments seperti paralysis dan burn karena semua serangan dalam game ini memberikan damage.
  • Ada 137 jurus yang hadir dalam game ini dan juga 95 versi cepat dari jurus-jurus yang ada.
  • Ada 7 kategori item: Poke Ball, Potion, Revive, Battle Item, Food dan Camera. Dalam uji coba betaitem yang tersedia hanya Poke Ball, Great Ball, Ultra Ball, Master Ball, Potion, Super Potion, Hyper Potion, Max Potion, Max Revive, X Attack, X Defense, X Miracle, Razz Berry, Bluk Berry, Nanab BerryWepear Berry, Pinap Berry, dan Special Camera.
  • Ketika pertarungan gym, sepertinya Pokemon hanya memiliki 2 jurus. Masing-masing gym memiliki tingkat prestige. Kalian bisa mendapatkan poin di gym, tetapi masih belum diketahui apa kegunaannya.
  • Terdapat sistem ranking: Novice (level 5), Trainer (level 10), Leader (level 25) dan Professor (Level 50). Ketika mencapai level 50, kalian akan bisa menyimpan hingga 500 Pokemon dan 1.000 item.
  • Medal berfungsi sebagai achievement. Kalian akan mendapatkan medal ketika menangkap Pokemon dengan jumlah tertentu, berjalan seberapa jauh, ikut bertarung di pertarungan gym, dan lainnya.
  • Kalian bisa membeli paket item dengan uang nyata seperti item dan gem.
  • Terdapat siklus siang malam
  • Ukuran size versi Android adalah 47,97 MB. Terdapat referensi Google Cardboard dalam data game.
  • Uji coba ini hanya menghadirkan Pokemon generasi pertama dan kalian tidak mendapatkan Pokemon starter. Tidak ada petunjuk mengenai Mega Evolution juga.

Pokemon Go ini membawa kalian pergi bertualang jauh dari rumah untuk menjadi seorang Pokemon Master. Pemain dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk menemukan Pokemon di dunia nyata, seperti yang diperlihatkan oleh iklannya. Beberapa Pokemon hanya akan muncul di area-area tertentu saja, seperti Pokemon tipe air hanya akan muncul di dekat danau atau laut. Sedikit menyusahkan sepertinya bila kamu ingin berburu Mewtwo karena kamu harus mencari gua rahasia untuk mendapatkannya. Lebih susah lagi kalau kamu harus mencari Hooh atau Lugia karena kemungkinan besar kamu harus terbang di angkasa untuk menangkapnya. Bila kamu sedang berada di pesawat dan tiba-tiba pesawat tersebut berubah arah, kemungkinan besar sang pilot sedang mengejar Rayquaza haha. Kamu juga harus masuk ke dalam gunung berapi untuk mencari Groudon. Tapi untungnya saya sendiri tak perlu khawatir tentang danau, laut, gua maupun gunung berapi karena di kota tempat saya tinggal semua itu gampang untuk dikunjungi 😀

Smartphone kamu akan bergetar saat ada Pokemon berada di sekitarmu. Pemain juga dapat menemukan PokeStops dan Gym Pokemon di tempat-tempat yang tidak terduga. Seperti misalnya di ruangan pameran seni, di tempat bersejarah, di monumen, di WC dan masih banyak lagi. Kalian bisa membeli PokeBall di PokeStops. Setelah pemain cukup bertualang, PokeStops juga akan memberi pemain telur Pokemon yang akan menetas setelah kamu berjalan sejumlah beberapa langkah. Gym Pokemon akan tetap kosong sampai seorang pemain menetapkan Pokemon untuk menjaga Gym tersebut. Pemain kemudian harus bekerja sama dengan tim lain untuk mempertahankan Gym. Di suatu titik dalam game, pemain akan ditanya untuk bergabung ke dalam satu dari tiga tim.

SS1

Pemain dapat meningkatkan level trainer dengan menangkap Pokemon yang kuat dan mendapat item yang lebih baik. Menangkap cukup banyak satu jenis Pokemon akan membuat pemain dapat mengevolusikan Pokemon tersebut. Game juga akan memberikan medali bagi pemain tersebut.

20150914105342622007 Pokemon-GO-Plus-2

Nintendo menawarkan Pokemon Go Plus, sebuah gelang yang memiliki fungsi getar dan LED dengan koneksi bluetooth untuk memberitahu pemain ada sesuatu yang terjadi dalam game tersebut. Mereka berharap gelang ini membuat pemain lebih fokus terhadap keadaan sekitar dan tidak terpaku pada layar smartphone nya mencari Pokemon.

Pokemon Go akan dirilis untuk iOS dan Android, tetapi tanggal rilisnya masih belum dipastikan.