Saat ini dunia sedang ramai dengan film Detective Pikachu, yang berhasil meraih kesuksesan tak hanya di Amerika tapi juga di Jepang. Tapi ini bukan berarti Pikachu jadi satu-satunya Pokemon yang mendapatkan perhatian, karena untuk Prefektur Iwate di Jepang, mereka justru memberikan sorotan kepada satu Pokemon lain, yaitu Pokemon Geodude! Dimana ia dipilih menjadi ambasador turisme dari prefektur tersebut.

Geodude, atau Ishitsubute untuk nama Jepangnya, adalah Pokemon tipe batu dan tanah yang berasal dari seri Pokemon generasi pertama. Ia juga bisa berevolusi dan memiliki versi lain. Ada Geodude versi Alola dalam game Pokemon Sun & Moon yang bertipe listrik dan batu. Dan setelah levelnya mencukupi, ia dapat berevolusi menjadi Pokemon Graveler dan setelah itu menjadi Golem.

Tapi walau punya variasi dan evolusi, Prefektur Iwate memakai Geodude yang basic. Dan itu pilihan yang bagus karena bentuk dasarnya sudah sangat pas dengna prefektur tersebut dibanding bentuk evolusinya. Karena nama prefektur itu terdiri dari kata Iwa yang berarti Batu dan Te yang berarti tangan, dan seperti yang terlihat, itu adalah bentuk dari Geodude.

Walau bentuk itu membawakan tantangan, karena ia tak punya kaki, bisa sulit membuat kostum maskot Pokemon tersebut. Tapi dimana ada minat disitu ada jalan, dan kostum Geodude tetap bisa dibuat, dimana bagian kakinya memiliki pola transparan pada sotosop atau foto PNG 😀

Satu hal menarik lagi yang tercipta dari pemilihan Geodude sebagai ambasador turisme Iwate adalah sampai dibuatnya promo video lucu menampilkan lagu rock bertema Geodude, yang dinyanyikan oleh vokalis SaToMansion yang merupakan kelahiran Iwate. Walau beberapa Pokemon lain juga tampil cameo disitu, seperti Sudowoodo dan banyak Pokemon tipe batu lain.

Menariknya lagi, ini bukanlah pertama kalinya Prefektur di Jepang mengangkat Pokemon sebagai ambasador, dengan Prefektur Tottori juga melakukannya akhir tahun lalu. Dimana mereka memakai Pokemon Sandshrew, dan tak seperti Geodude di Iwate, Tottori juga memakai bentuk normal dan versi Alola dari Sandshrew.