Anime dapat dipakai sebagai iklan produk yang efektif. Contohnya perusahaan Soft Bank dan Suntory yang kerjasama dengan anime Tenki no Ko untuk membuat iklan anime brand mereka. Kali ini ada lagi kerjasama macam itu, antara sebuah brand dan sebuah seri animanga, tapi yang ini lebih keren lagi karena iklannya berupa short anime, berbentuk episode spesial 11.5 Hataraku Saibou anime dan Pocari Sweat.

Ya, Pocari Sweat, produk yang pasti sudah tak asing bagi orang-orang Indonesia. Minuman pengganti ion tubuh tersebut memang sudah banyak dijual di Indonesia. Bahkan menjadi salah satu produk yabg paling penting pada saat puasa, yang dapat efektif mengurangi rasa haus dan menahan lapar pada saat berpuasa.

Minuman tersebut memang berasal dari Jepang, tepatnya diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical. Jadi tak mengherankan melihat mereka bisa melakukan kerjasama dengan animanga Hataraku Saibou. Kolaborasi yang begitu cocok dengan tema Hataraku Saibou yang mendidik soal cara kerja sel dalam tubuh manusia.

Dan hasil kolaborasi itu adalah video iklan berbentuk episode spesial anime Hataraku Saibou yang disebut sebagai Episode 11.5 karena video tersebut adalah versi alternatif dari episode 11 Hataraku Saibou, yang tema ceritanya adalah mengenai dehidrasi.

Episode spesial tersebut dibuat lebih pendek, dengan durasi sekitar setengah episode anime normal, yang sepanjang 10 menitan saja. Dan video itu juga memakai animasi ulang dari episode originalnya pada bagian awal, tetapi memiliki bagian klimaks yang berbeda dan merupakan animasi original.

Masih mengisahkan efek yang terjadi pada tubuh saat dehidrasi terjadi, yang membuat para sel kepanasan dan kelelahan, termasuk Platelet-chan 🙁 tapi kemudian muncul sang penyelamat yang membantu para sel tubuh menghadapi panas tersebut, POCARI SWEAT 😉 yang membawakan hidrasi pada tubuh yang kekurangan air.

Ini bukan kerjasama unik yang pertama kalinya dilakukan seri Hataraku Saibou, dengan sebelumnya mereka juga pernah bekerja sama dengan Palang Merah Jepang dimana pendonor darah dapat menonton episode 1 Hataraku Saibou duluan sebelum tayang di TV.