Mau tak mau pasti ada akhir untuk segala sesuatu. Bisa saja seri anime favorit telah selesai penayangannya atau seri manga kesenangan akhirnya tamat, atau bisa juga berakhirnya pengiriman sebuah produk barang. Dan yang akhir itulah yang baru saja terjadi dalam dunia game. Karena baru diberikan pengumuman akan akhir dari sebuah konsol game di Jepang, yaitu untuk konsol Playstation Vita.

Hal tersebut diumumkan oleh pihak SIE (Sony Interactive Entertainment) pada hari Jumat kemarin. Mereka mengatakan kalau mereka telah resmi memberhentikan pengiriman konsol handheld tersebut di Jepang.

Kabar akan pemberhentian ini telah diumumkan sejak bulan September lalu, dengan dikatakan pengiriman Playstation Vita akan dihentikan pada tahun 2019 ini. Dan beberapa hari lalu diberikan pengumuman kalau pemberhentian tersebut sebentar lagi akan dilakukan, tapi tak diberi tanggal pastinya, sampai akhirnya kemarin diumumkan.

Playstation Vita didesain sebagai penerus dari konsol Playstation Portable dari Sony. Konsol tersebut pertama diumumkan diawal 2011, dan kemudian ditampilkan dan dinamai dalam event E3 tahun tersebut, dan mulai dijual dari bulan Desember pada tahun yang sama di Jepang.

Akan tetapi perjalanan konsol tersebut tak begitu mulus, dengan penjualan Playstation Vita yang walau diawalnya lumayan sukses tapi kemudian kalah bersaing dengan tak hanya konsol portable Nintendo, 3DS, tapi juga dengan konsol Playstation Portable yang pendahulunya.

Sony juga memberikan arahan lain kepada Playstation Vita, yaitu dengan mencoba menjadikannya bagaikan tambahan dan pendamping untuk home console generasi baru mereka, Playstation 4. Tapi keputusan ini tak membantu penjualan Vita, malah mungkin menguranginya.

Tapi meskipun begitu, konsol tersebut tetap memiliki fans dan pengikut yang loyal, apalagi untuk fans gamer yang gemar main game JRPG atau visual novel, yang memang lumayan banyak dirilis untuk konsol tersebut.

Untuk kedepannya dikatakan oleh wakil presiden Sony Entertainment, Oda Hiroyuki, kalau tak ada rencana untuk penerus konsol portable tersebut. Sepertinya untuk saat ini Nintendo masih memegang dominasi yang kuat untuk dunia konsol portable dengan 3DS dan juga kemampuan handheld Nintendo Switch.