Saat ini mungkin sedang jaman gemilang bagi Nintendo berkat konsol Nintendo Switch mereka dengan fitur home portable console hybrid. Dan mereka juga terlihat mau mendominasi dari segi handheld juga dengan perilisan Switch Lite. Tapi Playstation Sony masih menjadi rival berat, apalagi dengan kabar kalau mereka masih mendominasi dari segi home console, dengan memenangkan penghargaan Guinness Best Selling Home Console Brand.

Kabar tersebut diumumkan pada Twitter official Playstation dalam bahasa Inggris dan juga Jepang. Melalui situs VGChartz, Guinness menjamin kalau pada tanggal 7 November, brand Playstation telah menjual sampai 450 juta unit konsol.

Dalam Twitter tersebut dikatakan kalau itu adalah angka penjualan unit dari konsol Playstation pertama, PS2, PS3, dan Playstation 4, tapi kemungkinan itu tidak termasuk Playstation Portable dan Vita yang merupakan konsol handheld.

Selamat bagi konsol Playstation, dan ini sungguh kabar yang seru dan patut dirayakan, apalagi karena kabar tersebut diberikan pada tanggal 3 Desember, yang bagi yang tak tahu adalah hari dimana konsol Playstation pertama dirilis tahun 1994 lalu di Jepang, membuat seri Playstation dan konsol Playstation pertama, kini telah menginjak umur 25 tahun.

Ada beberapa pencapaian tersendiri yang berhasil diraih oleh konsol Playstation, diantaranya adalah dengan Playstation dan versi PS One menjadi konsol video game pertama yang berhasil menjual lebih dari 120 juta unit pada bulan Desember 2003.

Dan setelah itu penerusnya, Playstation 2, melanjutkan dominasi mereka, dengan kemampuan backward compatibility yang membuatnya bisa memainkan tak hanya game PS2 tapi juga Playstation sebelumnya, menjadikannya super populer dan hingga kini masih menjadi home console tersukses di dunia dan salah satu yang paling panjang umurnya.

Dengan pencapaian ini, dan kabar kalau Sony tak berusaha membuat penerus PSP dan PSVita, sepertinya mereka terasa tak begitu khawatir dengan dominasi Nintendo pada handheld portable console dan fokus pada home console, apalagi mereka juga sedang sibuk mempersiapkan perilisan konsol generasi berikutnya, Playstation 5.