Tahun 2016 lalu, internet diiringi berbagai irama meme. Salah satunya adalah sebuah lagu yang sederhana tapi catchy dan menggema begitu besar dari Jepang. Yaitu lagu PPAP atau Pen Pinapple Apple Pen. Sekarang sudah sekitar setahun sejak lagu meme itu lahir, dan membuat nama pembuatnya, Pikotaro, jadi mendunia. Tapi bagaimana dari segi keuangan? Nah baru-baru ini Pikotaro memberitahukan keuntungan royalti dari PPAP Song.

Dan berapakah keuntungannya? Lagu PPAP itu telah menjadi begitu besar, hampir tak ada yang tak tahu lagu itu dan juga nama Pikotaro, pasti keuntungannya lumayan besar. Setidaknya sih, untuk tahun lalu, beberapa bulan setelah lagu itu meleduk, Pikotaro mengatakan kalau ia mendapatkan… N0L Yen alias nihil dari lagu tersebut.

Itu hal yang ternyata termasuknya wajar untuk lagu yang menjadi meme. Walau lagunya jadi terkenal, tapi belum tentu penyanyinya dapat uang karena lagu itu. Contohnya untuk lagu meme lain, Rick Roll, dimana Rick Ashley juga hanya mendapatkan keuntungan royalti yang sangat kecil dari lagu Never Gonna Give You Up yang dijadikan meme itu.

TAPI kita masih belum selesai mina-san. Jangan kecewa dulu. Karena itu adalah penjelasannya tahun lalu. Nah kalau sekarang bagaimana? Pada acara TV berjudul Downtown Now yang ditayangkan akhir September lalu, Pikotaro mengatakan kalau sekarang, ia telah mendapatkan keuntungan yang BESAR berkat brand PPAP.

Seberapa besar? dikatakan kalau saat itu dalam sebulan ia telah mendapatkan keuntungan sebesar… Ratusan Milyaran Yen!! Dan dikatakan juga kalau jumlahnya itu setara dengan Seluruh keuntungan yang ia dapat dalam karirnya selama 25 tahun sebelum ini.

Sesuatu yang tak begitu sulit dibayangkan. Mengingat kalau lagu PPAP itu membuatnya jadi terkenal, dan dijaman modern ini, meme bisa menjual. Di Jepang jadi muncul cafe yang bertema PPAP, Pikotaro juga bisa diundang muncul dalam acara Sesame Street.

ppap

Bahkan sampai bisa tampil dalam Music Video milik penyanyi lagu meme lain, PSY penyanyi Gangnam Style. Dan ia juga telah merambah dalam format anime, melalui seri anime Pikotaro Lullaby. Semuanya itu pasti memberikan uang bayaran untuknya, dan semuanya adalah berkat lagu soal bolpen nanas apel.

Omedetou Gozaimasu Pikotaro. Tahun 2017 ini memang tahun yang sukses bagi anda.
Setelah mendapatkan seorang istri yang cantik, dapat uang yang banyak pula.