Dalam masalah wabah virus corona ini, para selebriti melakukan beragam aktivitas kepada masyarakat. Beberapa memakai saat-saat kelam ini untuk memberikan semangat kepada fans dan banyak orang. Dan selain itu, ada juga yang melakukan promosi akan hal-hal yang bisa membantu menghadapi wabah virus corona. Contohnya adalah seorang penyanyi lucu yang super viral beberapa tahun lalu, Pikotaro, dengan lagu PPAP 2020.

Pikotaro yang merupakan persona lain dari penyanyi Kosaka Daimaou menjadi sangat terkenal dan populer saat video miliknya yang berjudul PPAP yang merupakan singkatan dari Pen Pineapple Apple Pen menjadi sangat viral tahun 2016 lalu.

Ketenaran ini sungguh besar, dengan nama Pen Pineapple Appel Pen menyebar sampai jadi tema cafe dan bahkan dijadikan anime, yang tentu tetap dibintangi oleh Pikotaro sang penyanyi. Dan dikatakan juga kalau ia mendapatkan upah yang begitu besar berkat viralnya PPAP.

Setelah PPAP, Pikotari kemudian mengeluarkan lagu baru lagi. Dengan tahun 2018 ia merilis lagu macam PPAP tapi dengan sayur-sayuran, yang juga menggaet grup idol Momoiro Clover Z. Dan tahun 2019 kemarin ia merilis lagu berlirik dan tema edgy berjudul EVERYONE MUST DIE.

Dan kini dalam tahun 2020, Pikotaro mengeluarkan lagu baru lagi yang juga membuatnya kembali kepada lagu yang pertama membuatnya mendunia, dimana ia merilis video lagu PPAP versi 2020. Tapi yang menarik, adalah lagu ini seperti paralel dengan lagunya tahun 2019 lalu, dimana sama-sama memiliki tema yang mendalam tapi dengan tema yang berlawanan.

Lagu PPAP 2020 ini juga lebih memiliki arti dari PPAP 2016, dengan lagu ini juga menjadi semacam iklan layanan masyarakat yang memberi kesadaran untuk rutin mencuci tangan. Dan kepanjangan dari judul PPAP ini juga berubah, dengan kata-kata yang lebih bermakna lagi, dimana kini kepanjangannya adalh Pray for People And Peace.

Lagu yang terasa pas pada masa kelam wabah virus corona ini, dan sangat wajar bagi Pikotaro membuat lagu tersebut, karena ia juga saat ini membintangi seri tokusatsu super sentai terbaru Kirameiger, yang syutingnya sedang dihentikan karena aktor utamanya terjangkit virus corona.