Segala hal bisa dikritik, dan itu termasuk dunia animanga. Dan dalam hal tersebut, tak jarang melihat situasi dimana ada wanita yang melontarkan kritik pada gambar animanga, seperti yang pernah terjadi pada gambar karakter manga Uzaki-chan. Kali ini ada yang agak mirip, yang terjadi pada sebuah gambar event IdolMaster Shiny Colors yang jadi diberi komentar-komentar kritik dari para wanita dan ibu-ibu Jepang.

IdolMaster Shiny Colors adalah game seri IdolMasters yang dikembangkan oleh Bandai Namco yang pertama dirilis April 2018 lalu. Game tersebut adalah game simulasi idol dimana player berperan sebagai manager idol dan melatih mereka untuk bernyanyi, menari, dan memberikan performance.

Elemen-elemen yang sudah lumayan umum dengan seri game Idolmasters lainnya, dan dengan maraknya gacha, sistem tersebut juga ada pada game Shiny Colors, dimana player bisa mendapatkan karakter idol baru dari situ.

Dan seperti game-game Jepang dengan sistem gacha dimana player dapat mengoleksi karakter, rutin diberikan juga update-update baru seperti event atau karakter baru atau bisa juga kostum, item, visual, dan lain-lain. Dan itulah yang juga didapatkan oleh game IdolMaster Shiny Days, dimana Twitter official game itu memperlihatkan visual baru tak lama setelah hari Natal.

Visual itu merupakan gambar dari karakter idol Osaki Tenka yang imut, dan lebih imut lagi dengan dirinya bermain-main balon dengan anak-anak TK. Tapi ada elemen yang jadi menarik perhatian, dan itu adalah Osaki juga memakai baju anak TK meskipun ia adalah gadis remaja.

Dan gambar itulah yang dikritik para wanita Jepang dan ibu-ibu, menurut laporan dari website Sirabee. Ada yang komentar seorang ibu yang mengatakan “Saya bisa mengerti kalau ia memakai kostum Santa atau Kimono Tahun Baru, tapi kenapa seragam TK? Saya tak mengerti kenapa mereka membuat gadis remaja memakai baju anak TK”

Komentar lain yang serupa juga mengatakan kalau ia tak mengerti kenapa membuat gadis remaja memakai baju TK, walau ia tak berpikir itu bertujuan mesum tapi tetap bikin merinding. Sementara itu ada komentar yang lebih tajam, mengatakan ia merasa takut melihat player merayakan gadis yang memakai baju TK, jadi terasa mereka ada “minat” akan anak kecil.