Saat melihat peta, baik itu dari Googlemap ataupun peta lain, pasti kita bisa melihat adanya gambar simbol. Simbol tersebut memiliki berbagai arti sebagai penanda. Ada yang menunjukkan restoran, mall, pelabuhan, gunung, sungai, dan lain-lain lagi. Begitu juga dengan peta di Jepang, tapi baru-baru ini mereka memiliki simbol peta baru, sesuatu yang menarik karena ini pertama kalinya ditambahkan simbol peta baru di Jepang setelah 13 tahun.

Memang negara Jepang memiliki simbol-simbol tersendiri pada petanya, yang berbeda dengan simbol peta pada negara-negara lain. Contohnya simbol untuk sekolah memiliki bentuk kanji Bun/Aya atau kantor pos yang memiliki bentuk huruf T yang bisa terlihat digambarkan juga pada kotak pos asli.

Simbol yang terakhir kali ditambahkan pada peta Jepang adalah simbol untuk Kincir Angin yang bergambarkan baling-baling, dan rumah Panti Jompo yang bergambarkan sebuah rumah dengan lengkungan pada bagian dalamnya.

Kedua simbol tersebut ditambahkan sekitar tahun 2006 lalu, tapi bulan ini Institusi Survey Geografi Jepang mengumumkan adanya sebuah simbol peta Jepang baru. Dan simbol ini jadi agak dibicarakan oleh netizen, dengan beberapa ada yang menanyakan apa arti simbol tersebut.

Simbol tersebut berbentuk seperti gabungan antara bola mata dan topi, dan ada juga yang menebak kalau itu simbol vending machine, dan ada juga yang mengatakan semacam monolith. Menariknya, bentuk itu juga lumayan mirip dengan simbol developer game Pokemon, Game Freak. Tapi apa maksud dari simbol tersebut?

Hayooo~ apakah ada yang bisa menebaknya? Time Out! Nah telah diberitahukan juga apa arti dari simbol peta baru itu. Dan ternyata simbol itu adalah untuk… Batu Memorial Untuk Mengenang Korban Bencana Alam.

Ya, sesuatu yang memang pasti ada di Jepang. Negara tersebut memang sudah ditimpa banyak bencana alam. Seperti gempa dan longsor yang terjadi tahun 2018 kemarin. Dan mungkin masih ada yang ingat akan bencana besar gempa tsunami Tohoku yang terjadi 2011 lalu, bisa dibilang musibah bencana alam terbesar yang pernah menimpa Jepang.