Dalam budaya tradisional Jepang, ada yang namanya Hatsumode. Bagi yang belum tahu, itu adalah tradisi tahun baru di Jepang dimana orang-orang pergi berkunjung dan berdoa ke kuil Shinto untuk pertama kalinya pada tahun baru. Ini tak hanya dilakukan secara individu tapi bisa juga bergrup, misalkan para staff dari satu perusahaan, dan itulah yang dilakukan oleh perusahaan mainan Pokemon Creatures Inc, akan tetapi Hatsumode mereka tahun 2019 ini jadi menuai kritik panas.

Kenapa begitu? Karena mereka melakukan Hatsumode pada Kuil Yasukuni, kuil yang mereka kunjungi karena lokasinya sendiri tidak jauh dari kantor Creatures Inc. Dan kuil tersebut bisa dibilang memiliki latar belakang yang tak mengenakkan, terutama bagi para negara tetangga Jepang.

Kuil Yasukuni sendiri memang dari luar terlihat biasa-biasa saja, malah lumayan indah. Tapi yang membuat kuil itu bisa jadi bahan kontroversi, adalah karena sejarahnya. Dulunya kuil tersebut dibangun untuk menghormati mereka yang mati demi Kaisar Jepang.

Hal itu memang terasa tak begitu masalah. Akan tetapi kontroversinya, adalah kuil itu juga dipakai untuk menghormati para tentara Kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia 2, dan diam-diam ada juga banyak arwah penjahat perang era tersebut yang disemayamkan disitu.

Dan bagi yang tahu sejarahnya, negara Jepang telah melakukan banyak tindakan yang mengerikan dan begitu jahat pada Perang tersebut. Tak hanya negara kita Indonesia yang dijajah, Jepang pada Perang Dunia 2 juga sangat brutal dalam menjajah tetangga mereka China dan Korea, hal yang tetap diingat oleh mereka.

Dan sampai sekarang sejarah itu masih jadi topik yang sangat sensitif, dan itu juga membuat Kuil Yasukuni begitu dibenci oleh tetangga Jepang tersebut. Karena itulah saat Creatures Inc membuat Tweet Hatsumode dimana terlihat mereka berdoa dan bersenang-senang di Kuil Yasukuni, internet jadi sangat panas, terutama netizen China dan Korea.

Tak hanya mereka marah besar, beberapa juga sangat kecewa, dan ada yang mengatakan sungguh tak pantas bagi perusahaan level internasional seperti mereka untuk melakukan hal yang dapat memicu fans luar Jepang seperti ini, dan beberapa juga mengatakan akan boycott produk Pokemon. Creatures Inc sendiri untungnya memberikan respon dengan menghapus tweet Hatsumode mereka. Tapi entah bagaimana mereka akan diterima nantinya oleh fans China dan Korea setelah ini.

Comments