Pandemik virus corona mengubah berbagai hal, termasuk mengenai pengadaan event. Hal tersebut juga dialami oleh event fans animanga dan game terbesar di Jepang, Comic Market alias Comiket, yang membuat Comiket 98 dibatalkan dan diganti jadi event Air Comiket. Pengadaan Comiket 99 tahun 2021 nanti juga mengalami berbagai perubahan, dan walau ada beberapa hal yang telah ditetapkan masih bisa berubah lagi, seperti jadwal pengadaannya.

Comiket atau Comic Market adalah event otaku terbesar di negara Jepang dimana para fans animanga saling jual beli karya doujinshi atau game mereka, baik itu original atau tidak. Event tersebut normalnya diadakan 2 kali dalam setahun, 1 pada musim panas pertengahan tahun, dan 1 lagi musim dingin diakhir tahun.

Comic Market 99 jika berjalan sesuai jadwal biasanya seharusnya dilakukan pada akhir tahun 2020 ini sebagai Winter Comiket. Akan tetapi pandemik virus corona mengubah hal tersebut, membuat event Comiket 99 diubah jadi diadakan pada pertengahan tahun 2021.

Akhir tahun 2020 nanti tapi menariknya tetap akan ada event Comiket yang menggantikan C99, yaitu event digital Air Comiket 2, melanjutkan kesuksesan Air Comiket pertama yang menggantikan event Summer Comiket 98 pada pertengahan tahun ini.

Tapi meski diadakan pada pertengahan tahun, Event Comiket 99 tersebut tak begitu bisa dibilang sebagai Summer, dan itu dikarenakan adanya bentrok dengan event besar Jepang lain, Summer Olympic, yang juga diundur dari 2020 ke 2021 karena pandemik.

Kedua event itu akan memakai lokasi Tokyo Big Sight, dan membuat Comiket jadi mengadakan event C99 diawal bulan Mei, membuatnya lebih masuk dalam masa musim semi. Belum lagi jumlah staff dan pengunjung juga akan sangat dibatasi.

Dan setelah sebelumnya mengatakan kalau event itu diadakan dari tanggal 2-5 selama 4 hari dalam libur Golden Week, baru-baru ini jadwalnya diubah jadi 2-4 Mei jadi hanya selama 3 hari. Pihak komite Comiket mengatakan kekurangan kuantitas staff dalam situasi pandemik coronavirus dan faktor lainnya jadi penyebab perubahan tersebut.