Joko Widodo, begitulah nama Presiden Republik Indonesia yang tengah menjabat saat ini. Pria yang lebih akrab disapa ‘Jokowi’ itu terkenal sangat ramah dan merakyat. Setelah terpilih sebagai ‘orang nomor satu’ di Indonesia yang ke-7 pada pemilihan tahun 2014 lalu, laki-laki kelahiran Surakarta, Jawa Tengah tersebut mulai mengadakan acara tanya-jawab di jagat maya. Namun baru-baru ini ada kejadian lucu. Sebuah pertanyaan seputar Naruto membuat Presiden Indonesia tertawa.

Berawal dari acara tanya-jawab yang diselenggarakan oleh Presiden Joko Widodo. Para netizen dipersilakan untuk memberikan pertanyaan apa saja melalui sebuah video singkat, lalu yang terpilih akan dijawab langsung oleh Pak De (sebutan khas orang Jawa untuk laki-laki yang umurnya mencapai 30 ke atas) melalui video singkat juga.

Pertanyaan seputar Naruto.

Masyarakat Indonesia yang mengetahui pengumuman dengan tagar #JokowiMenjawab ini kemudian berlomba-lomba memberikan pertanyaan mereka. Caranya adalah dengan mengunggah video singkat berisi biodata diri, pertanyaan, dan tagar #JokowiMenjawab di kanal Youtube milik pribadi. Lalu mengirimkan alamat url-nya ke akun sosial media milik Presiden Joko Widodo beserta tagar yang telah ditentukan tersebut.

Baca juga: Top 10 Lagu Jepang Yang Dikenal di Indonesia Versi Komedian Genki

Setelah pertanyaan masuk, maka Presiden RI dan timnya akan menimbang pertanyaan mana yang bakal dijawab. Akan tetapi, sebuah pertanyaan seputar Naruto tak disangka akan dijawab oleh Bapak Presiden. Yadian, seorang anak remaja berusia 14 tahun dari Kalimantan Timur menanyakan persoalan siapa Hokage ke-8 dalam anime Naruto kepada Pak Joko Widodo. Spontan, orang nomor satu di Indonesia ini sedikit tertawa mendengarnya.

Pertanyaan seputar Naruto.

“Pak, saya mau nanya,” ucap anak yang memakai peci hitam dan pakaian cokelat tersebut. “Siapakah yang menjadi Hokage ke delapan di dalam anime Naruto?” Pertanyaan ringkas ini lalu dijawab oleh Presiden kita dengan logat Jawa yang khas. “Yadian, saya harus ngomong apa adanya, ya. Saya enggak tahu Hokage ke delapan. Naruto, saya enggak ngerti. Jadi kalau saya jawab, nanti saya malah keliru. Jadi tolong, buatin video lagi, jelasin ke saya. Hokage ke delapan itu apa? Dan Naruto itu siapa? Nanti kalau saya jawab, keliru malah–ya kan?”

Di beberapa bagian Pak Joko Widodo tampak sedikit tertawa, tapi tidak mengintimidasi si penanya. Ia berkata bahwa dirinya ngomong apa adanya. Dia tidak tahu mengenai Hokage ke delapan dan Naruto. Video tanya-jawab singkat ini spontan membuat publik ramai. Berbagai komentar datang dari masyarakat Indonesia. Nyaris seluruhnya menyatakan merasa terhibur serta memuji keramah-tamahan Pak Jokowi. Mereka tidak pernah menyangka pertanyaan ringan seperti yang ditanyakan Yadian bakal dipilih dan dijawab oleh Presiden.

Akiba-chan dan Akiba-kei yang ingin melihat videonya bisa dicari ke halaman resmi Facebook bernama ‘Joko Widodo’ atau bisa menontonnya di kanal Youtube milik Kepala Negara Indonesia. Sejak berita ini disampaikan di Akiba Nation, unggahan video berisi pertanyaan seputar Naruto tersebut mendapat 30 ribu suka dan nyaris mencapai 1 juta kali tayang. Secara bertahap, suka dan jumlah tayangan bertambah seiring waktu bergulir. Mengingat, belum sepenuhnya publik Indonesia mengetahui hal ini. Video singkat unggahan Presiden Joko Widodo masih begitu hangat alias baru diunggah, yakni pada 7 April 2017 kemarin.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here