Mina-san apakah ada yang sampai sekarang masih main game Pokemon GO? Mungkin sekarang game itu tak sepopuler tahun 2017 lalu, tapi tak bisa dipungkiri kalau game itu menunjukkan teknologi AR memang keren dan menyenangkan. Seru rasanya saat player benar-benar dibuat layaknya berpetualang mencari Pokemon. Nah, bagaimana kalau teknologi AR macam itu diimplementasikan pada game lain, misalnya jadi Yu-Gi-Oh AR.

Dari segi konsep memang rasanya itu bukan hal baru. Sudah ada beberapa ide app atau game yang bisa menampilkan kartu yang terlihat seperti mengeluarkan animasi pada layar smartphone. Bahkan ada juga yang dalam bentuk game konsol.

Dengan sekitar 10 tahunan lalu, dirilis game kartu untuk konsol Playstation 3 yang dikembangkan oleh SCE dan diterbitkan oleh Sony, yang berjudul Eye of Judgement. Efek Augmented Reality game tersebut bisa dilakukan dengan alat kamera Playstation Eye.

Tapi walau keren, skalanya bisa dibilang tak begitu besar. Bagaimana kalau misalkan konsep itu dipakaikan dalam bentuk pertandingan apik Yu-Gi-Oh, yang bagaikan pertandingan Duel kartu yang terlihat seperti dalam video game atau anime Yu-Gi-Oh?

yu-gi-oh ar

Ide tersebut memang saat ini masih belum sepenuhnya terealisasikan, tapi Konami baru-baru ini merilis sebuah video yang memperlihatkan jikalau konsep tersebut benar-benar terjadi. Apa yang bisa terlihat saat sebuah pertandingan E-sport TCG Yu-Gi-Oh memakai teknologi AR saat Duel.

Video Yu-Gi-Oh AR tersebut adalah penampilan eksebisi Augmented Reality yang dilaksanakan sebagai pembukaan dari event Turnamen Yu-Gi-Oh World Championship 2018. Menampilkan efek AR pada berbagai monitor. Dan level kekerenannya lumayan memukau untuk dilihat, membuat kita berangan-angan kalau nantinya pertandingan TCG bisa seperti itu.

Sampai kedua Duelist yang tampil tak hanya melakukan cosplay karakter Yu-Gi-Oh, tapi juga berakting layaknya karakter anime Yu-Gi-Oh! Dan Level detail dari Duel AR itu sangat bagus. Model-model monster kartunya tak hanya detail, tapi animasi gerakannya juga tak terlalu kaku, dan efek spesial seperti saat mengeluarkan jurus atau saat monsternya hilang karena kalah juga terlihat indah. Silahkan disaksikan kekerenannya 😉

Comments