Eiichiro Oda, bagi penggemar manga dan serial anime One Piece nama tersebut sudah tidak asing lagi. Ya,, pengarang manga legendaris “One Piece” ini membuat geger dan terheran-heran penggemarnya. Bagai mana tidak, Pria 41 tahun itu memutuskan untuk berani tampil di sebuah acara televisi pada akhir pekan lalu, seperti disampaikan Anime News Network, belum lama ini.

Eichiro Oda
Eichiro Oda
Pria kelahiran 1 Januari 1975 ini diketahui, muncul untuk pertama kalinya di layar kaca dalam program acara “Densetsu no Shunkan: Hakkutsu File ~Anime-hen~” (Legendary Moments: Discovery File Anime Edition). Acara tersebut di Fuji TV, Minggu waktu setempat.

Namun amat disayangkan, juru kamera stasiun televisi tersebut tidak diizinkan untuk menyorot wajahnya, hal ini berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat bersama pihak manajemen Oda. Alhasil, para penggemar tak bisa menyaksikan wajahnya saat berbicara.

Kira-kira apa yang membuat Eiichiro Oda sampai melakukan hal tersebut? Munculnya Eiichiro Oda di televisi bermula dari seorang pesepakbola bernama Shinji Kagawa, menerima kejutan berupa kado dari Oda. Penggemar berat One Piece itu mendapatkan sepatu bola bertandatangan Oda bersama pelindung tulang kering berhiaskan gambar tokoh utama (Monkey D. Luffy)

Shinji-Kagawa
Shinji-Kagawa

Lalu Shinji Kagawa pun langusng membalas budi dengan memberikan jersey klubnya, Borussia Dortmund, yang telah ia tandatangani kepada Oda. Shinji berharap bisa melihat Oda menerimanya melalui kamera.

Tak lama berselang harapan Kagawa langsung terwujud di program tersebut. Oda kemudian bertemu dengan presenter Fuji TV, Daijiro Enami, yang juga penggemar One Piece. Ia menggambar karakter Luffy lengkap dengan tanda tangannya sebelum menerima jersey tersebut.

Sepontan Eiichiro Oda langsung memakai jersey dari Kagawa dan berkomentar, “Ini nyaman sekali dipakai. Saya ingin langsung ke lapangan sekarang juga.”

Seperti diketahui, Odacchi telah memutuskan untuk menjadi seorang mangaka, walau alasannya di saat itu sangat tidak masuk akal, tapi ia sangat setia pada cita-citanya. Bahkan ketika ditanya apakah ia mempunyai cita-cita yang lain, Odacchi dengan tersenyum hanya menjawab bahwa ia belum pernah memikirkannya. Tidak bisa diungkiri bahwa minat Odacchi memang terfokus pada gambar, hal ini terlihat dari kenyatan bahwa menggambar adalah pelajaran kesukaaannya.

One Piece
Serial One Piece

Berkat hal itu tak diragukan lagi Manga One Piece sendiri hingga kini telah mencapai 82 volume di Jepang dengan total 832 chapter. Versi anime telah mengudara lebih dari 750 episode sejak tahun 1999, sementara movie One Piece telah mencapai film ke-13, termasuk yang terbaru, One Piece Film: Gold.