Sejak Kizuna Ai, negara Jepang terlihat sangat sangat tertarik akan konsep Virtual Youtuber, dan hasilnya, jumlah karakter Vtuber di Jepang jadi meleduk, dan ada banyak sekali, walau Kizuna Ai tetap menjadi yang terpopuler dan tersukses. Biasanya mereka dipakai dalam dunia gaming atau anime, tapi tak sebatas itu. Contohnya Vtuber unik yang satu ini, bernama Ibara Hiyori, yang merupakan Vtuber Official Prefektur Ibaraki!

Ibara Hiyori pertama diperkenalkan dalam channel Youtube resmi dari Prefektur Ibaraki, IbakiraTV. Disitu ia “bekerja” sebagai announcer dari Tim Vtuber Divisi Relasi Publik Virtual Prefektur Ibaraki, sejak bulan Agustus 2018 kemarin.

Hal tersebut membuatnya memiliki koneksi dengan pemerintahan prefektur tersebut, membuatnya menjadi virtual youtuber yang unik karena yang pertama yang diakui oleh sebuah pemerintahan daerah Jepang, sampai memiliki surat pengangkatan yang diberikan oleh gubernur!

Dalam video perkenalannya, Hiyori menjelaskan dengan penuh energi bahwa Ibaraki memiliki laut dan pegunungan yang indah, dan juga makanan-makanan yang lezat, akan tetapi prefektur Ibaraki selaluuu saja setiap tahun masuk sebagai prefektur dengan ranking paling rendah dari semua 47 prefektur di Jepang dalam hal popularitas.

Maka dari itulah, prefektur tersebut “mempekerjakan” Ibara Hiyori, dengan mengikuti trend Virtual Youtuber yang sedang sangat booming di Jepang, dan bisa mencoba menarik perhatian para generasi masa kini dan memperkenalkan Ibaraki kepada mereka.

Dikatakan pada perkenalannya kalau ia tampil lumayan tertutup dibanding Vtuber umum, tapi meski begitu ia tetap entertaining karena sikap dan perilakunya yang aktif dan lucu, dengan kadang keceplosan memakai logat daerah, yang menariknya juga dijelaskan maknanya melalui subtitle.

Hingga saat ini channel IbakiraTV memiliki belasan video Vtuber Ibara Hiyori, yang isinya memperkenalkan beragam budaya lokal prefektur itu seperti festival yang diadakan, lagu daerah, dan juga aktivitas lucu-lucuan seperti main game tebak-tebakan dan gambar-gambar.

Ia juga membuat video perkenalan Prefektur Ibaraki dalam bahasa Inggris dan Mandarin, dan untuk video lainnya ada juga yang diberikan subtitle Inggris tapi sayangnya belum semua. Ada yang jadi mau wisata ke Ibaraki?