Kalian pasti sudah pernah dengar dengan paper cut art atau seni memotong kertas. Seni jenis ini sejatinya sudah ada sejak lama. Mulai dari yang ringan semacam siluet, sampai yang sangat rumit dan detailpun kini banyak digemari oleh penikmat seni. Para seniman nya sendiri juga bermunculan di berbagai belahan bumi. Salah satunya yang patut dilirik adalah keberadaan seniman asal jepang berikut.

Seniman dengan akun twitter SOUMA NO KIRIE ini menjadi sorotan penyuka papercut lantaran hasil karyanya yang indah. Karya goresan tangan Souma-san sangat rumit dan mendetail. Bisa akiba-chan dan akiba-kei lihat sendiri dibawah ini beberapa contohnya. Jika hanya melihat sekilas kalian tidak akan menyangka bahkan tidak percaya bahwa benda-benda indah tersebut terbuat HANYA dari selembar kertas.

Menurut perkenalan diri dalam blog pribadinya. Jauh sebelum Souma menjadi seorang seniman paper cut art, ia sudah menekuni dunia potong memotong sejak kecil. Ia mulai menyukai paper cut art sejak umur enam tahun. Semua keahlian dan teknik unik, baik 2D atau 3D ia dapat dari belajar secara otodidak dan terus mengasah pengalaman. Souma juga mengakui bahwa ia tidak pernah masuk sekolah desain atau sejenisnya. Sehingga teknik yang ia pakai memang original dari dirinya sendiri. Wah keren sekali ya.

Saat ini Souma dalam masa memperkenalkan karyanya pada dunia. Ia pun sering menjadi pembicara dalam seminar-seminar paper cut art di jepang. Serta melakukan tour dalam pameran seni. Selain itu, melalui official websitenya, Souma juga melayani request/commission dari para fans yang ingin memiliki hasil seni kertas menakjubkan.

Baca Juga: Survey Mewmbuktikan Cowok Jepang Nggak Suka Sama Cewek Moe

Kebanyakan dari karya master kirie ini bernuansa motif klasik, mendetail, dan juga khas jepang. Seperti beberapa foto berikut. Kalian bisa merasakan betapa rumit masa pemotongan selembar kertas menjadi sebuah benda seni yang tak ternilai harganya.

seniman-souma-kirie-3
Contoh hasil karya Souma dengan detail motif klasik ala barat
Seniman Souma Kirie
Selain motif, ia juga sering menghasilkan karya dengan bentuk lain seperti wajah wanita khas jepang

Nah buat kalian yang penasaran sama sosok seniman keren ini bisa tengok video berikut ya. Dalam video tersebut juga diperlihatkan cuplikan bagaimana sang seniman membuat karyanya.