Akiba-chan dan akiba-kei pasti ada yang membayangkan bagaimana enaknya sekolah di SMA Jepang. Punya teman teman yang beragam, keadaan seolah yang menyenangkan, tempat-tempat keren. Dan mengalami kisah romantis bersama ketua osis ganteng atau teman sebangku yang cute.

Eiits… sebelum bayangan indah kalian buyar, penulis beri beberapa bocoran kenyataan deh. Ternyata keadaan sekolah SMA Jepang nggak semuanya perfect kayak di anime lho. Simak realitanya dibawah ini:

4 – Sekolah dipenuhi dengan Murid Ikemen dan Kawaii

Persoalan pertama saat kita mencoba menengok kenyataan. Dan bangun dari alam anime. Pikir kita, pasti banyak banget dong cowok dan cewek cakep di SMA jepang yang bisa bikin seger mata. Kenyataanya gak seperti itu lho. Disana juga biasa aja. Relatif lah, yang beneran cakep mungkin nggak sampai ratusan.

Baca Juga: Bening, Inilah Pemenang Kontes Cewek SMA Jepang Paling Cantik Tahun 2017

Hal ini merupakan pengaruh dari lingkungan. Masa sekolah merupakan masa dimana anak masih banyak kegiatan yang nantinya berguna bagi kehidupan setelah sekolah kelak. Jadi kalau kalian cari yang cakep di anime ya  palingan cuman anak-anak elit dan lebih peduli penampilan ketimbang akademis yang punya muka/style menonjol. “Aku pribadi sih tidak punya waktu untuk tampil ribet. Tuhan… urusan sekolah saja sudah ribet kok. Ada waktunya nanti jika kami sudah besar nanti” Begitu jawab salah satu reponden.

 

3 – Atap Sekolah Yang Serbaguna

Salah kaprah lah pemahaman para otaku tentang penggunaan atap sekolah jika bercermin dari anime. Sederet anime sering mengidentikkan atas sekolah sebagai tempat sakral. Mulai dari makan siang bersama, cinlok, tempat pelarian saat mata pelajaran membosankan, ena-ena, basecamp para yakuza sekolah dan masih banyak lagi.

No, no, no. Hal itu mustahil. Seperti penjelasan para responden yang beberapa diantaranya penulis cuplik dibawah ini.

“Anda pasti terlalu banyak menonton anime. Disini (sekolah real life) tidak diperbolehkan naik ke atap. Itu termasuk melanggar aturan. Bisa kena sanksi atau surat peringatan orang tua. Kan bikin malu…”

Lalu bukankah dalam anime ada beberapa anak badung suka melanggar aturan dan tetap naik ke atap? Bahkan endingnya bisa bersahabat dengan banyak guru.

“tidak, yang realistis saja. Petugas sekolah mengunci pintu menuju atap tersebut. Bahkan osis pun tidak punya kuncinya.” Mengecewakan.

 

2 – OSIS Punya Wewenang Tak Terkalahkan

Sudah nggak aneh lagi bila dalam sebuah anime peran OSIS sangat mendalam. Bahkan banyak diantaranya OSIS berposisikan bagaikan dewa. Mulai dari memecahkan kasus misterius, membuat aturan tidak masuk akal, membela para makhluk lemah, bahkan sampai mengintimidasi keberadaan guru.

Tapi yah, itu cuman ilusi ya! Akiba-chan dan akiba-kei! Menurut pengakuan responden yang juga merupakan anggota OSIS di salah satu SMA Jepang, kekuatan maha dahsyat itu nggak ada. Suer, bahkan emang nggak akan pernah ada. “Kami anggota (OSIS) kok. Apa kalian pikir kami bisa leluasa mengatur sekolah? Oh tidak, bahkan kami sebenarnya tidak punya cukup otoritas.” Imbuhnya.

 

1 – Murid SMA Jepang Biasa Hidup Sendirian

Kalau di anime sih biasanya banyak kisah dimana tokoh utama yang kebanyakan masih bertatus SMA. Harus tinggal dan menghidupi dirinya sendiri karena orang tuanya sudah meninggal. Atau karena ortunya kerja jauh di luar negeri. Jadi mereka mau nggak mau hidup sendirian. Anehnya, mereka tinggal di apartment berkecukupan dan sering dikunjungi teman-teman.

Kalau di dunia nyata kalian nggak bakal menemui hal kayak gini. Di jepang belum sebebas amerika. Tinggal sendirian bagi anak SMA jepang masih masuk golongan mustahil. Ini menyangkut hal pengurusan kepemilikan seperti pajak dan lain-lain. “Sekaya apapun orang tuanya, beban itu tak bisa dengan mudah diatasi anaknya. Kalaupun yatim, itu akan dilimpahkan kepada saudara. Jadi aku nggak pernah deh liat disini ada yang tinggal bener-bener sendirian. Kecuali kalau di asrama sekolah sih,,,, jelas sendirian kan?” tutur salah satu responden survey.

Nah gimana tuh akiba-chan dan akiba-kei? udah nggak berkhayal terlalu tinggi lagi kan tentang seluk beluk kerennya sekolah kayak di anime anime? 😀

2 COMMENTS


  1. Notice: Trying to get property of non-object in /home/akibanation/public_html/wp-content/plugins/userpro/functions/hooks-filters.php on line 34
    Aa aan

    wah keren baru tau we haha..


  2. Notice: Trying to get property of non-object in /home/akibanation/public_html/wp-content/plugins/userpro/functions/hooks-filters.php on line 34
    Al

    wah baru tau we.. hahah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here