Halo akiba-chan dan akiba-kei, ayoo jangan keliru lagi! Yuk kenali perbedaan Kimono dan Yukata dari beberapa detail berikut ini! Nah, kalian pasti sering mengira bahwa pakaian kain bermotif bunga-bunga yang biasa dipakai perempuan di Jepang itu adalah Kimono. Istilah Kimono memang lebih akrab di telinga kita karena orang tua atau keluarga yang pada saat itu lebih mengenal kimono daripada Yukata.

Lalu, sebenarnya apa sih bedanya antara Kimono dengan Yukata? Modelnya tidak jauh berbeda, dan sama-sama pakaian wanita! Nah, untuk lebih jelasnya kita perhatikan yuk beberapa perbedaan Kimono dan Yukata yang cukup mencolok berikut ini!

perbedaan kimono
Contoh kimono, bahannya lebih mengkilat dan halus

Kalau dilihat dari kasat mata, Kimono dan Yukata memiliki model yang hampir sama. Begitu juga dengan cara memakai pakaiannya, dimana sama-sama dililitkan dan dikencangkan dengan Obi atau sabuk pinggang. Namun ada beberapa poin dimana momen penggunaan Kimono dan Yukata agak sedikit berbeda.

Baca Juga: Zashiki Warashi, Mengundang Keberuntungan atau Kesialan?

Kimono umumnya dipakai pada acara-acara formal, misalnya seperti kegiatan keagamaan, kelulusan, acara pernikahan, dan lain-lain. Bahan yang digunakan untuk membuat Kimono adalah kain sutra, dimana bahannya lebih halus dan mahal. Ini yang membuat Kimono diperlakukan ‘berbeda’. Orang Jepang sangat hati-hati ketika memakai Kimono.

Meskipun demikian, Kimono bisa digunakan pada musim apapun. Kimono umumnya memiliki dua lapis kain, yaitu Juban dan Hadajuban. Maka dari itu, ketika musim dingin lebih cocok menggunakan Kimono ketika acara adat atau kegiatan formal lainnya.

Lalu bagaimana dengan Yukata?

Pakaian Yukata ketika acara festival. Sumber.

Yukata lebih akrab dengan suasana musim panas karena bahannya lebih tipis dan nyaman. Bahan yang umum digunakan untuk membuat Yukata adalah katun sehingga lebih ringan dan mudah menyerap keringat. Oleh karena itu, merawat pakaian Yukata sebenarnya lebih mudah dibanding Kimono. Cara mencucinya pun lebih gampang, berbeda dengan Kimono yang harus ekstra hati-hati. Maklum ya, kain sutra kan mahal~

Baca Juga: Boneka ICHIMATSU, Boneka Jepang Yang Misterius!!

Selain itu, Yukata hanya memakai satu lapis kain saja yaitu Hadajuban sehingga lebih praktis. Yukata juga bisa digunakan untuk acara-acara santai, misalnya acara-acara festival atau bunkasai, berbelanja, menghadiri pesta kembang apa, dan lain-lain.

Nah, bagaimana akiba-chan dan akiba-kei? Jadi sekarang sudah lebih paham kan perbedaan Kimono dan Yukata? Jadi mulai sekarang jangan sampai tertukar lagi ya!

Comments

Loading...