Content provided by Keepo. Kalo ngomongin hantu kayak kuntilanak, pocong, genderuwo, sama wewe gombel pasti udah biasa. Tapi, kalo Baba Yaga? Kamu pasti masih jarang banget denger, kecuali kamu udah nonton film Ant Man & the Wasp. Pasti ngeh, apa maksud dari Baba Yaga.

Baca Juga: Akhirnya Trailer Gintama 2 Live-action Asli Dirilis! Kocak dan Epic!!

Kalo di film, nama penyihir ini muncul sebagai salah satu jokes untuk nyindir karakter Ghost (Hannah John-Kamen) yang dilontarkan salah satu anak buah Luis (Michael Pena), yaitu Kurt (David Dastmalchian). Tapi tahu nggak, ternyata penyihir itu beneran ada loh, dan jadi salah satu hantu paling nyeremin di Rusia sana.

Baba Yaga

Baba Yaga merupakan salah satu karakter hantu yang terkenal di Rusia, khususnya rakyat Slavia. Cerita tentang makhluk ini pun udah turun temurun diceritakan hingga akhirnya menjadi legenda di desa-desa terpencil di Rusia. Pada awal mula, cerita penyihir ini dimulai dari seorang wanita cantik bernama Vasilisa. Sayangnya, Vasilisa yang memiliki paras cantik ini melakukan perjanjian dengan setan yang membuatnya terjebak dalam kutukan dosa. Vasilia yang awalnya cantik pun tiba-tiba berubah menjadi seorang wanita tua mengerikan.

Yup, wanita inilah yang akhirnya digambarin dengan bentuk yang aneh bin nyeremin. Kakinya seperti kaki ayam, rambutnya putih, dan bentuk mukanya mirip kayak nenek sihir di cerita-cerita Disney. Baba Yaga kerap terbang berkeliling di sebuah hutan terlarang di Rusia, yang konon jadi tempat tinggalnya selama ini.

Nggak cuma penampilannya aja yang nyeremin. Dia juga dikenal sebagai hantu yang suka makan orang. Legenda yang beredar di Rusia, dia akan menculik anak-anak dan menyantapnya di dalam hutan yang gelap. Wah.. kok mirip kuntilanak ya? Serem amat.

Baba Yaga menjadi salah satu hantu legenda di Rusia. Sereeem (via SteemKR)

Penyihir yang dikenal hidup di dalam hutan ternyata memiliki beberapa versi cerita loh. Beberapa orang percaya, dia memiliki gubuk tersembunyi di dalam hutannya. Namun, bagi siapa aja yang berani-berani masuk ke hutan itu maka Baba Yaga akan mencari dan memangsanya.

Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa selamat dari kejaran Baba Yaga. Ketika kamu ketangkep sama dia, maka dia akan memberikan 2 buah tebakan yang akan bikin kamu selamat kalo bisa jawab bener. Kalo salah sih, siap-siap aja kamu jadi santapan makan malamnya. Dan tulang belulangmu bakal jadi salah satu koleksi serem di halaman gubuknya.

Kalo kamu penasaran sama tebakannya, coba inget baik-baik ini. Jadi, pertanyaan tebakan dari Baba Yaga adalah:

“Kamu datang dengan keinginanmu sendiri atau dikirim oleh seseorang?”

Entah jawaban yang benar yang mana, cuma Baba Yaga yang tau. Tapi siapa tahu besok kamu ketemu Baba Yaga dan dikasih pertanyaan kek gini, lumayan kalo kamu bisa jawab. Berari kamu bisa selamat kan? Hiiiiy… Serem!

Comments