Content provided by Keepo. Kalian pasti udah tau kalo hampir semua perangkat elektronik itu menghasilkan radiasi, termasuk juga radiasi smartphone. Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat membantah pernyataan tersebut.

Baca Juga:

radiasi smartphone

Bekerja sama dengan national Toxicology Program (NTP), hasil penelitiannya membuktikan kalo radiasi yang dihasilkan oleh smartphone tidak akan berdampak hingga kematian penggunanya. Namun, untuk amannya kalian juga harus bijaksana dalam menggunakannya. Sebuah penelitian menggunakan tikus yang terpapar radiasi smartphone dan microwave menunjukkan hasil yang sama.

Tikus yang terpapar pada RFR (radiasi frekuensi radio) dan yang tidak terpapar tetap dalam keadaan yang normal, bahkan ada dari tikus yang terkena paparan radiasi justru hidup lebih lama.

Dr Butcher, ilmuwan senior dari NTP juga memaparkan kalo penggunaan earphone juga berdampak baik untuk para pengguna smartphone, karena akan memberikan jarak dari pengguna ke smartphone sehingga mengurangi radiasi secara drastis. Studi lanjut yang dilakukannya juga memberikan kesimpulan supaya kita juga menjauhkan smartphone saat sedang tidur untuk mengurangi dampak negatif yang mungkin aja dihasilkan dari efek paparan radiasi, meskipun sebenarnya tidak “cukup kuat” untuk membunuh manusia.

“Saat ini tidak ada bukti yang konsisten bahwa radiasi non-pengion meningkatkan risiko kanker… Penggunaan teknologi hands-free, seperti headset kabel dan nirkabel dapat mengurangi paparan frekuensi radio ke kepala dan otak,” demikian kesimpulan dari Institut Kanker Nasional AS.

Wah, ternyata earphone juga punya manfaat selain untuk sekedar mendengarkan lagu ya! Kalo kalian sendiri, masih suka menyimpan smartphone dekat dengan kalian saat tidur atau nggak? Share pengalaman kalian ya!