Jaman sekarang ini dengan semakin meluasnya animanga diluar Jepang, semakin banyak juga desain visual yang desainnya terpengaruh visual animanga. Tapi dengan semakin aktifnya internet dan kuatnya hak cipta, bisa cepat juga ditemukan jika desain tersebut ternyata bukan hanya terpengaruh tapi merupakan bajakan. Contohnya dalam kabar kalau penyanyi Billie Eilish bajak fanart sexy Nozomi LoveLive pada produk merch yang dijualnya.

Billie Eilish Pirate Baird O’Connell adalah penyanyi pop asal Amerika. Popularitasnya mulai melunjak sejak tahun 2016 melalui single debutnya yang berjudul Ocean Eyes, dan terus menjadi terkenal sampai sekarang, apalagi dengan perilisan lagu barunya yang berjudul Bad Guy.

Baru-baru ini ia melakukan kolaborasi dengan brand fashion Siberia Hills, dan minggu lalu diperlihatkan merchandize hasil kolaborasi mereka, yaitu berupa baju dengan gambar anime dan dengan tulisan nama Billie dalam huruf katakana Jepang.

Tapi seperti yang dibilang diawal, baju merch tersebut memicu beberapa fans anime yang dapat melihat gambar pada baju itu. Yaitu gambar karya fanart karakter Toujou Nozomi dari seri Love Live buatan artist Kurokawa Makoto atau M_Qurokawa. Dan tak hanya itu, banyak juga yang menunjukkan kalau ini bukan pertama kalinya brand Siberia Hills melakukan hal macam ini.

Sebelumnya mereka membuat baju merch kerjasama dengan Youtuber FaZe yang juga diperlihatkan fans memakai salah satu gambar dari artbook buatan artist Matsuryuu. Dan banyak lagi netizen yang mempertanyakan keaslian merch berilustasi animanga mereka yang lainnya.

Siberia Hills tapi telah memberikan respon, setidaknya untuk yang masalah merch baju Nozomi Eilish. Mereka membatalkan perilisan produk tersebut dan juga telah menuliskan permohonan maaf kepada Kurokawa dan Billie dan fansnya, dan bagi yang telah memesan produk tersebut akan diberikan refund.

Mereka juga menjelaskan kalau Billie Eilish sendiri tidak mengetahui akan hal ini dan merekalah tim kreatif dalam kolaborasi tersebut. Billie sendiri pada awalnya juga mengiklankan baju tersebut di Twitter, tapi tweet tersebut kini juga telah dihapus, dan hingga kini tidak memberikan komentar.