Movie Boku no Hero Academia 3 World Heroes Mission baru belum lama ini ditayangkan di bioskop Jepang. Dengan popularitas seri tersebut dapat diduga ada banyak penonton yang menyaksikannnya meski dalam masa pandemik. Tapi ditemukan sesuatu yang menarik mengenai demografik penonton anime tersebut, dimana ternyata yang menonton movie itu mayoritasnya adalah wanita, dan perbandingan jumlahnya juga lumayan besar.

Boku no Hero Academia berawal dari manga karya Horikoshi Kouhei yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP. Mengisahkan seorang anak muda tanpa kekuatan super dalam dunia dimana mayoritas manusia memilikinya bernama Deku, yang suatu hari mendapatkan kekuatan super dari pahlawan idolanya, dan memasuki sekolah spesial superhero muda.

Manga itu kemudian diadaptasi jadi anime oleh Studio BONES, dengan season pertamanya tayang tahun 2016 dan tayang satu season hampir setiap tahun, dan tahun ini anime tersebut sedang menayangkan season kelimanya. Selain itu telah dibuat juga beberapa movie, dengan tahun ini juga ditayangkan movie ketiganya.

Movie ketiga tersebut menceritakan adanya grup terrorist yang mentargetkan orang-orang berkekuatan spesial yang melibatkan bom berbahaya yang dipasangkan pada berbagai tempat di seluruh dunia, dan entah kenapa diperlihatkan kalau dalam movie itu Deku dituduh sebagai seorang pembunuh dan sedang dicari.

Dan sekalian balik pada topik utama, movie tersebut baru dirilis diawal bulan ini, dengan respon yang positif, dimana pendapatannya juga lebih besar 200% dari movie sebelumnya. Tapi ditemukan juga hal menarik dimana movie itu sangat populer dikalangan perempuan, baik wanita maupun anak perempuan, yang dihitung mencakup lebih dari 76% penonton movie tersebut.

Seri Boku no Hero Academia itu sendiri memang ditargetkan untuk anak lelaki dengan serialisasinya pada majalah manga Shonen, jadi memang agak mengejutkan melihat betapa besarnya jumlah penonton perempuan yang diluar target demografiknya.

Tapi itu bisa diduga juga dengan desain karakter seri itu yang mayoritas anak lelaki kece dan diperankan oleh para seiyuu yang juga bishie. Digabung dengan kisah dan aksi yang seru, jadi tak heran seri itu jadi bisa sukses pada kalangan lelaki dan juga perempuan.