Disini kemungkinan sudah banyak yang memiliki konsol Playstation 4, dan mungkin banyak juga yang memiliki Nintendo Switch, atau bisa saja ada yang sultan konsol dan malah punya keduanya. Kedua konsol tersebut memang kini menjadi konsol gaming populer generasi masa kini, tapi manakah yang lebih banyak penjualannya? Kalau menurut info baru-baru ini, setidaknya di Jepang, Nintendo Switch baru mengalahkan PS4.

Menurut data yang telah dikumpulkan oleh Famitsu, dikatakan kalau pada pergantian era Jepang kemarin, dalam periode dari tanggal 29 April sampai 12 Mei, Nintendo Switch terjual sebanyak 83.471 unit, sedangkan Playstation 4 terjual sebanyak 17.646 unit untuk versi biasa dan 12.357 untuk versi Pro.

Dan tak hanya disitu, jika melihat angka penjualan periode tersebut membuat secara total, telah terjual sebanyak 6.125.637 Nintendo Switch, dan 8.077.756 Playstation 4, dengan 6.918.073 diantaranya adalah PS4 biasa dan 1.159.683 PS4Pro.

Walau dalam skala internasional konsol Playstation 4 masih tetap mendominasi daripada Nintendo Switch, dengan menurut datadata yang dirilis akhir Maret kemarin dikabarkan kalau telah terjual sekitar 96 juta PS4 dan 35 juta Nintendo Switch, tetap saja penjualan Switch terlihat bagus meskipun PS4 dirilis duluan, sekitar 2 tahunan lebih awal.

Memang sih Sony belakangan ini melakukan hal-hal yang tak terasa membantu, seperti adanya regulasi pembatasan konten seksual untuk konsol mereka. Sedangkan Nintendo Switch justru lumayan bebas membiarkannya. Membuat lebih banyak game “menarik” yang dirilis disitu yang bisa menggoda para gamer Jepang.

Dan diluar game-game macam itu, banyak juga game Nintendo Switch yang menarik para gamer di Jepang saat ini, yang terlihat lagi berdasarkan list Top 10 game yang dirilis di Jepang dalam periode yang sama dengan penjualan konsol tadi, yang juga dibuat oleh Famitsu.

Dari list itu terlihat walau game Days Gone untuk PS4 berada pada posisi pertama, itu juga satu-satunya game PS4 dalam list tersebut. Dan untuk sisanya dari ranking 2-10 semuanya adalah game Nintendo Switch. Dengan Super Smash Bros Ultimate berada pada posisi 2, dan Minecraft untuk Nintendo Switch masuk posisi 3.