Mungkin sudah lumayan banyak yang tahu, kalau industri animanga di Jepang sangat ketat dalam yang namanya hukum hak cipta, dan pihak kepolisian di Jepang juga sudah lumayan banyak memberikan kabar penangkapan yang berhubungan dengan jual beli produk animanga ilegal. Contohnya yang lumayan baru adalah ada pada berita ditangkapnya seorang pria yang menjual nude dakimakura LoveLive.

Minggu lalu pada tanggal 12 September, pihak kepolisian Prefektur Ibaraki dikabarkan menangkap seorang pria berumur 50 tahun yang namanya tak diberikan, tapi diketahui kalau pria tersebut berasal dari Kota Ishikawa di Prefektur Chiba. Alasan penangkapan tersebut adalah karena diduga kalau pria pekerja kantoran berumur 50 tahun itu telah melanggar undang-undang hak cipta.

Menurut investigasi, ditemukan kalau pada tanggal 2 Mei kemarin pria tersebut menjual dakimakura atau guling anime, yang bergambarkan karakter Love Live yang telanjang, yang dijual olehnya melalui website lelang.

Sekilas mungkin ada yang berpikir kalau yang jadi masalah adalah ilustrasinya yang nude, dan memang sudah ada banyak dakimakura dengan ilustrasi macam itu yang dijual baik di Jepang ataupun diluar, tapi bukan itu masalahnya.

Karena investigasi juga menemukan kalau ada pola penjualan barang secara online yang berkelanjutan yang dilakukan oleh pria itu selama tiga tahunan, dan diperkirakan usaha itu telah membawakan uang sebanyak tiga juta Yen.

Dikatakan kalau pria tersebut menolak tuduhan itu, dan pihak penyelidik masih belum selesai akan kasus ini karena mereka berpikir kalau pria itu kemungkinan mendapatkan dakimakura yang dijualnya dari sumber lain, dan sedang dilakukan penyelidikan untuk menemukan sumber tersebut.

Ini bukanlah kabar mengenai penjualan merchandize ilegal yang pertama bagi seri Love Live, dan sudah terjadi beberapa kali dalam bentuk lain. Pada bulan Februari dua orang pria ditangkap karena menjual baju dan topi bergambarkan karakter Love Live Sunshine di Akihabara.

Dan sebelum itu lagi pada bulan Januari ada kejadian yang lebih mirip lagi dengan penjualan dakimakura yang kali ini, dengan penangkapan seorang pria yang menjual massal figure karakter Love Live yang dimodif jadi ecchi tanpa ijin.