Negara Jepang terkenal ketat dalam hal hukum, apalagi untuk hal-hal yang berhubungan dengan hak cipta. Sudah ada beberapa berita mengenai penangkapan polisi yang disebabkan oleh modding, seperti melakukan penjualan dari modding elektronik seperti jailbreak konsol game. Dan hal tersebut juga berlaku pada modding figure anime, baru-baru ini ditemukan kabar ada lagi penangkapan penjual dari mod nude figure anime oleh pihak polisi.

Pelaku kejahatan tersebut adalah seorang pria berumur 34 tahun yang dikatakan bernama Umeda Shigeru. Ia ditangkap pada tanggal 11 kemarin oleh kepolisian di prefektur Ibaraki, dan alasan penangkapannya adalah karena Umeda ditemukan menjual figure karakter dari anime yang bentuknya telah diubah olehnya.

Spesifiknya, dikatakan kalau itu adalah karakter dari movie anime Madoka Magica Part 3 Rebellion yang tayang tahun 2013 lalu. Movie tersebut merupakan menjadi sequel dari dua movie yang mengkompilasikan seri TV anime Madoka Magica yang pertama tayang tahun 2011.

Dikatakan kalau sang penjual melakukan modding dengan melepaskan kepala dari figure karakter anime tersebut dan kemudian memasangkannya pada badan figure bermodel telanjang. Dan setelah itu figure tersebut kemudian dijual di internet melalui situs lelang online, dengan figure Madoka Magica tersebut ditemukan terjual pada bulan Agustus 2019 lalu.

Ada kemungkinan juga kalau ini bukan tindakan yang dilakukan sekali, dengan akun bank sang pelaku mengindikasikan kalau ia menerima pemasukkan sebesar 5.8 juta Yen yang berasal dari penjualan figure mod yang terjadi diantara tahun 2018 sampai 2020 ini. Pihak polisi sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut akan hal tersebut.

Sang pelaku telah mengakui tindakan modding figure dan penjualan yang dilakukan olehnya, dan Umeda juga mengatakan kalau alasannya melakukan tindakan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan biaya hidupnya.

Tindakan modding figure untuk dijual lagi macam ini bukanlah yang pertama kalinya, dengan awal tahun lalu juga ditemukan penangkapan seorang pria dengan kasus dan metode yang lumayan sama, tapi disitu seri anime yang kena adalah dari seri Love Live.