Di musim hujan begini, pusing karena hama yang menyerang persawahan terutama tanaman padi seperti hama burung-burung kecil memang sudah menjadi hal yang wajar dialami oleh para petani. Nggak cuma di Indonesia, petani-petani di Jepang juga mengalami hal serupa. Demi terwujudnya panen yang baik, mengatasi permasalahan semacam ini tentunya menjadi ritual wajib, juga sudah banyak cara yang diusahakan oleh para petani tersebut. Salah satunya yang paling klasik dengan membuat orang-orangan penjaga sawah.

Apa itu orang-orangan penjaga sawah? mungkin Akiba-chan dan Akiba-kei yang nggak pernah sama sekali nengokin kehidupan pertanian nggak bakal paham, apalagi tipe anak mama yang lebih sering dugem, mana tahu? hahaha lupakan mimin cuma becanda. Orangorangan penjaga sawah adalah sebuah metode pengusiran hama dengan menggunakan media boneka yang diletakkan di setiap sudut sawah/kebun, hmm… sebenernya nggak cuma boneka sih, apapun bisa dipakai seperti rangkaian kaleng yang berbunyi ketika disenggol angin atau hama itu sendiri. Tetapi kebanyakan petani Indonesia (bahkan diseluruh dunia) menggunakan jerami sebagai bahan utama orang-orangan penjaga sawah. Jerami diikat menyerupai boneka voodoo versi bersar lalu di dirikan dan diberi baju dan topi supaya terlihat seperti manusia. Gunanya ya nggak lain buat menakuti burung-burung yang suka hinggap di padi.

Lalu bagaimana dengan Jepang? agak sedikit berbeda, para petani jepang punya cara dan bahan yang lebih ekstrem untuk membuat orang-orangan penjaga sawah. Mereka membuatnya dari manekin beneran, lengkap dengan wig panjang menjuntai dan seifuku. Ada juga yang dibuat dari jerami tetapi dengan skill orang jepang yang luar biasa jadinya malah terlihat seperti shinigami hidup. Hasil jadinya, nggak cuma burung gagak dan kawan-kawan yang takut, bahkan manusia juga bakalan ngeri liatnya. Mimin aja langsung merinding. Itu baru liat fotonya, bayangkan kalau kalian pergi ke sana sore-sore terus ketemu orang-orangan penjaga sawah sejenis ini, ditambah hasil imajinasi dari kebanyakan nonton anime/manga horror. Tidaaaaaakkkk,,, bahkan pencuri pun bakalan mengurungkan niat jahatnya ∑( ˚□˚  )

Gambar-gambar ini pertama kali diunggah oleh akun twitter @jump_up_ , saking hebohnya, hanya dalam waktu beberapa jam saja potret unik para petani di Jepang ini telah di retweet sebanyak hampir sembilan belas ribu kali dan di like sebanyak sepuluh ribu like! komennya entahlah banyak banget pokoknya, orang jepang emang suka rame kalo liat beginian -____- buat kamu yang kurang percaya tengok deh gambar dibawah ini. Perasaanmu gimana kalau ketemu beginian di sawah pas malem hari? 😀 Hahaha

Kalo gini habis ke sawah malah ga bisa tidur :"D
Kalo gini habis ke sawah malah ga bisa tidur :”D
Shinigami? apa setan?
Shinigami? apa setan?
asdfgghklll :"D
asdfgghklll :”D
  • Wong Ndusun

    Solusi jitu cara mencegah tanaman padi di mangsa hama burung pipit dan sejenisnya.

    tdk perlu menggunakan semua cara di atas yg telah di sebutkan admin. krn
    tentu cara di atas menyita wkt, tenaga serta biaya yg tdk sedikit. sy
    sarankan menggunakan ramuan alami yg telah terbukti selama belasan
    tahun. Serta tdk menggunakan bahan kimia atau pestisida. Jika anda
    berminat bisa anda buktikan sendiri dgn mendapatkan ramuan secara gratis
    utk uji coba. minat..??? silahkan hub: Hp 087786666123/ BBM 5FD1906D.