Kita sering diajari kalau kebanyakan melihat layar elektronik, seperti TV atau PC atau HP, bisa merusak penglihatan pada mata. Dan hal tersebut sulit dihindari karena memang teknologi semakin maju dan semakin banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Tapi mungkinkah sekarang hal itu bisa jadi terbalik? Dengan kebanyakan melihat layar malah meningkatkan penglihatan? Seperti yang terjadi pada user gadget VR ini.

Orang ini tak diketahui nama aslinya, tapi ia adalah seorang user Twitter dengan nama 0yasum13 dan ia membagikan kabar yang menarik dalam tweet miliknya baru-baru ini. Dikatakan kalau setelah ia bermain dengan alat VR Google selama lima bulan, ia menemukan kalau penglihatannya jadi lebih bagus daripada sebelum rutin main VR.

Dikatakan kalau daya penglihatannya setelah ia melakukan check up mata sekarang adalah 1.0 yang diklasifikasikan sebagai daya penglihatan normal dan tak memerlukan kacamata, dimana sebelumnya adalah 0.3 dan perlu kacamata.

Ia menceritakan info yang lebih detail dalam wawancaranya bersama website NicoNico News. Dikatakan kalau saat ia masih kecil daya penglihatannya bagus, sebesar 1.5, tapi kemudian memburuk mulai dari umur 10 tahun, dan sampai sebelum bermain VR penglihatannya adalah 0.3 dimata kiri dan 0.5 dimata kanan.

Kemudian ia mulai banyak bermain-main game VR, diantaranya adalah simulasi VRChat yang sedang banyak dipakai karena Vtubing sedang booming. Dikatakan kalau 0yasum13 bermain sampai selama 700 jam dalam 140 hari, itu berarti rata-rata ia bermain sekitar 4-5 jam dalam sehari.

Mengenai alat VR yang dipakainya, dijelaskan kalau ia memakai Oculus Rift, yang bukan default setting. Saat ia mengkalibrasi setting IPD, ia membuka matanya selebar mungkin. Ia juga mengatakan tak pernah memakai kacamata saat memakai Oculis Rift itu, dan settingan kecerahannya dibuat tidak seterang mode default.

Ia menemukan penglihatan matanya berubah ketika berusaha menyetir dipagi hari tanggal 3 Agustus kemarin, saat ia merasa tak enak menyetir dengan kacamata, jadi ia tidak memakainya. Awalnya 0yasum13 sendiri tidak mempercayainya, tapi hasilnya terlihat setelah ia check up mata dan diberitahukan kalau penglihatannya meningkat jadi normal.

Tapi meskipun matanya sembuh, 0yasum13 sendiri mengatakan bisa saja ini hanya kasus fisiknya saja, dan jika ada yang ingin meningkatkan penglihatan matanya, lebih baik pergi mengunjungi dokter mata terlebih dahulu. Dan bagi yang pertama kalinya bermain VR, 0yasum13 merekomendasikan untuk main VR yang gameplay berupa exploration dengan ruangan yang luas, dan bukan game roller coaster yang bikin dagdigdug.

Comments