Dunia seiyuu kedapatan beberapa kabar membahagiakan baru-baru ini dengan pernikahan seiyuu populer Mizuki Nana, Hanazawa Kana dan Ono Kensho. Akan tetapi baru-baru ini muncul juga kabar yang tak membahagiakan, karena ini adalah kabar duka, dan ini bukan berasal dari dunia seiyuu Jepang melainkan dari Tanah Air kita Indonesia. Karena telah diumumkan kalau sang pengisi suara Doraemon Indonesia, Bu Nurhasanah, telah meninggal dunia.

Nurhasanah Iskandar adalah pengisi suara yang paling terkenal sebagai pengisi suara dari karakter Doraemon, walau karirnya telah berjalan sebelum itu, dimana ia juga bekerja membuat sandiwara audio di Radio Republik Indonesia dan mengisi suara dalam berbagai film India dan telenovela.

Tapi memang perannya sebagai sang robot kucing biru dari masa depan buatan Fujiko F Fujio tersebut yang paling dikenang dan melekat dalam telinga dan ingatan oleh banyak orang dalam era tahun 90-an, dengan Nurhasanah mulai memerankan karakter tersebut pada tahun 1993.

Menariknya, pada tahun 2006-an, ada masa dimana karakter Doraemon tidak diperankan olehnya. Tapi permintaan fans yang begitu besar membuatnya kembali mengisi suara Doraemon. Bahkan setelah ia pensiun dari pekerjaannya dalam Radio Republik Indonesia, ia tetap fokus memerankan kucing biru tersebut.

Akan tetapi kabar sedih diumumkan pada tahun 2018 lalu, dimana dikarenakan alasan kesehatan, Nurhasanah berhenti mengisi suara Doraemon. Tapi ternyata ia tetap ada kaitan dengan karakter yang disuarainya selama 25 tahunan itu, karena yang menjadi penerusnya dalam mengisi suara Doraemon adalah putranya, Dana Robbyansyah.

Dan kabar yang lebih sedih lagi baru diberikan akhir minggu kemarin. Dengan anak Nurhasanah mengabarkannya melalui Instagram yang mengatakan kalau Nurhasanah telah meninggal pada tanggal 12 Juli 2020 jam 3 sore. Kabar ini kemudian dibenarkan lagi oleh pengisi suara Giant, Bima Sakti, yang sekaligus mengatakan kalau penyebab kematiannya adalah stroke.

Pengisi suara Suneo, Agus Nurhasan, juga mengutarakan rasa dukanya, dan ditunjukkan kalau ia juga telah mengunjungi rumah duka bersama dengan Elly SK, pengisi suara pertama dari karakter Ibu Nobita. Selamat jalan Bu Nurhasanah.

Innalillaahi wainnailaihi roji'uun. Setelah Is Andespa (dubber Giant pertama), Hamdani Hasni (dubber Suneo pertama),…

Posted by Agus Nurhasan on Sunday, July 12, 2020