Hallo akiba-chan, akiba-kei mengulas yaoi atau bl manga memang menyenangkan banyak banget kisah-kisah seru. Tetapi akan lebih menyenangkan jika kita juga membahas penerbit yaoi manganya nih. Siapa saja sih yang menjadi penerbit paling terkenal untuk yaoi manga di Jepang dan majalah yaoi mana saja yang paling populer di Jepang. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1 – KADOKAWA SHOTEN (角川書店)

Kalau mendengar nama penerbit yang satu ini pasti kamu ingat anime Sekai ichi hatsukoi dan junjou romantica kan…!! hehehe..  itu wajar akiba-chan, akiba-kei karena kedua bl manga itu diterbitkan dari penerbit ini nih.. hehehe.

Selain menerbitkan bl manga yang akhirnya bisa booming banget, penerbit ini juga menerbitkan berbagai macam jenis manga serta novel d.l.l.

Khusus untuk yaoi, biasanya akan diterbitkan di majalah mingguan Asuka Ciel, Ciel Tres Tres, atau majalah Emerald. Eittss untuk emerald bukan emerald divisinya Takano di Sekai ichi hatsukoi loh ya.. hehe. Jika dalam manga sekai ichi hatsukoi emerald merupakan majalah untuk manga shoujo, nyatanya majalah ini diperuntukan untuk yaoi manga loh. Dan untuk manga dan novel  sekai ichi hatsukoi diterbitkan di majalah ini. Sementara Junjou Romantica diterbitkan di ketiga majalah tersebut.

Tak hanya itu kini Kadokawa juga merambah pasar multimedia dengan menambah divisinya yang baru yang fokus untuk menangani video game, bernama Kadokawa Games dan juga Kadokawa Movies yang difokuskan untuk menangani perfilman.

Didirikan sejak 10 November 1945 oleh Genyoshi  Kadokawa, Kadokawa Shoten merupakan penerbit yang masih aktif hingga kini. Kantor pusat penerbit ini ada di Fujimi, Chioda, Tokyo.

 

2 – LIBRE SHUPPAN

Penggemar bl manga pasti udah hafal banget sama penerbit yang satu ini. Bisa dibilang penerbit yang satu ini merupakan penerbit yang paling terkenal dengan yaoi manganya.  Bahkan hampir semua divisi majalah dalam penerbit ini dikhususkan bagi kalian para fujoshi alias majalah untuk yaoi manga.  Jika di dunia shonen ada penerbit yang paling terkenal bernama shueisha, maka di dunia yaoi Libre shuppan inilah gantinya sebagai penerbit yaoi manga paling dikenal.

Awalnya merupakan anak dari perusahaan biblos pada tahun 1988 hingga 2006 dengan nama penerbit Hekitensha. Namun sayangnya pada tahun 2006 perusahaan Biblos mengalami kebangkrutan sehingga semua majalah yang diterbitkan oleh Hekitensha harus di non aktifkan. Penerbit ini kemudian kembali berjalan setelah Animate menggambil alih Biblos dan kemudian mengganti nama Hekitensha menjadi Libre Shuppan hingga saat ini.

Majalah yang dinaungi oleh penerbit Libre Shuppan diantaranya BexBoy, Be Boy Gold, Junk! Boy d.l.l untuk manga yang berhasil diterbitkan oleh majalah ini antara lain Caste Heaven, Senya Ichiya-Shitone no Himegoto, Hidoku Shinaide d.l.l

 

3 – Gentousha Inc (株式会社幻冬舎)

Untuk penerbit yang satu ini cukup sulit untuk digali informasinya. Meskipun demikian bukan berarti penerbit ini tidak terkenal lohh. Jika kalian tahu majalah yaoi manga dengan nama LYNX. Majalah yaoi manga yang kepopulelarannya bisa disandingkan dengan BexBoy dari Libre atau Emerald dari Kadokawa ini merupakan divisi dari Gentousha ini loh.

Selain menerbitkan Majalah yaoi manga, penerbit ini juga menerbitkan majalah untuk manga secara general, web comic magazine, dan juga majalah bisnis. Kantor pusat dari penerbit ini terletak di Shibuya, Tokyo. Yaoi manga yang pernah diterbitkan oleh penerbit ini diantaranya, Okane ga nai, calling (Otsuki Miu), Cherry (Ichijou Lemon) d.l.l

 

4- KAIOUSHA (海王社)

Sama seperti Gentousha .Inc , Kaiousha ini juga merupakan salah satu penerbit yang tak telalu dikenal namanya namun nama divisinya sangat terkenal dikalangan para fujoshi. Akiba-chan dan Akiba-kei mungkin akan tahu jika nama majalah ini disebut majalah GUSH.

Sekarang tahu kan. Majalah yaoi manga Gush juga saingan dari BexBoy dan Lynx nih, majalah ini juga sampai tediri dari beberapa divisi loh ada GUSH Mania, GUSH mania X, GUSH Moetto, GUSH Peche, GUSH pit, dan GUSH Pochi. Namun tetap yang utama tentunya majalah GUSH nya itu sendiri yah. Majalah yang diterbitkan tiap bulannya ini membawa moto untuk membawakan cerita yaoi yang paling terkini dan paling menarik. bahkan tampilan untuk website majalah GUSH dibuat seyaoi mungkin loh.. hehehe

Baca Juga: Yaoi Manga Unik Dengan Konsep Non Human #Part 2

BL Manga

Yaoi manga yang  diterbitkan melalui Kaiousha antara lain Honto Yajuu, Koisuru Boukun, Little Butterfly d.l.l

 

5 – Tokuma Shoten (株式会社徳間書店)

Yang satu ini merupakan salah satu perusahaan besar di Jepang loh. Bahkan Studio Gibli merupakan salah satu dari subordinate dari penerbit yang satu ini. Penerbit yang berada di Minato, Tokyo ini sejak didirikan pada tahun 1954 hingga tahun 1990 an merupakan perusahaan penerbit entertainment terbesar kala itu.  Walaupun kini nama Tokuma Shoten jarang didengar. Mereka masih eksis kok di dunia penerbitan buku dan manga.

Untuk kaum fujoshi majalah manga yang satu ini yang bakal menjadi tujuan kamu ketika di penerbit Tokuma Shoten.  Chara Magazine, merupakan majalah manga yang khusus mengangkat cerita bertema yaoi dan shoujo. Walaupun banyak yaoinya nih guys.. hehehe..

Mulai diterbitkan secara berkala sejak tahun 1994 hingga sekarang. Dan berikut ini list Yaoi manga yang diterbitkan oleh Tokuma shoten, diantaranya: Crimson Spell, Tsumasaki ni Kiss d.l.l

jika diperhatikan majalah ini banyak mengangkat tema-tema yaoi dengan sedikit bumbu-bumbu fantasi di dalamnya. atau yaoi manga dengan cerita sedikit berat dan tentunya 18+ alias dewasa.. LOL

Jika akiba-chan dan akiba-kei membaca yaoi manga, pasti penerbitnya tidak akan jauh-jauh dari kelima  penerbit  tersebut. Atau mungkin diantara akiba-chan dan akiba-kei ada yang berminat untuk menjadi mangaka yaoi ? tak ada salahnya bukan coba untuk mengirimkan karya kalian di kelima penerbit tersebut.