Sword Art Online atau yang disingkat menjadi SAO adalah serial anime populer yang bercerita tentang permainan daring (game online). Anime SAO menggabungkan ide utama cerita dengan tren game online, yakni di mana para pemain dapat berinteraksi secara nyata di dalam permainan maya. Simpelnya, pemain bisa masuk ke dalam game online bertema ‘pedang-pedangan’ ini melalui bantuan alat yang disebut Nerve Gear. Siapa pun yang memiliki tekad kuat dapat menjadi pendekar pedang terhebat di SAO dan menamatkan permainan dengan mengalahkan bos di lantai terakhir.

Selanjutnya tidak usah diceritakan lagi. Pastinya banyak dari kalian yang telah menonton serial anime Sword Art Online hingga selesai, bukan? Bahkan, baru saja dirilis movie-nya yang berjudul Sword Art Online: Ordinal Scale. Nah, pada kesempatan kali ini, Akiba Nation akan menyajikan artikel yang bakal bikin Akiba-chan dan Akiba-kei kangen dengan awal kemunculan anime satu ini.

Soalnya berikut ini akan ada daftar 7 pendekar pedang terhebat dalam anime Sword Art Online! Yuk, tanpa basa-basi lagi, langsung baca saja di bawah ini. 😀

7. Klein

Yup, benar banget! Teman Kirito pada awal kemunculannya di permainan daring SAO merupakan pendekar pedang terhebat yang ke-7. Bagaimana bisa? Bisa dong! Klein atau yang memiliki nama asli di dunia nyata Tsuboi Ryoutarou ini memiliki pedang khas jenis katana, yang bernama Karakurenai. Karakurenai bukanlah pedang biasa pada umumnya, karena pedang ini dapat dipakai untuk special skill Curved Sword, sebuah skill yang mengagumkan.

Dengan mengaktifkan Curved Sword, Klein dapat dengan mudah menebas habis beberapa musuh dalam satu kali ayunan. Meski hanya bisa membunuh para monster level rendah, special skill dari pedang Karakurenai ini setidaknya bisa menghemat waktu dan mencegah serangan keroyokan dari musuh. Selain itu, Karakurenai begitu ringan sehingga Klein bisa dengan leluasa memotong kaki monster besar dan menjadikannya tidak bisa lari menghindar.

 

6. Nautilus

Tidak banyak informasi mengenai Nautilus, namun di Ordinal Scale baru diketahui bahwa Eiji–pemain dengan tingkat nomor dua di OS sebenarnya adalah Nautilus di masa SAO. Cowok satu ini merupakan anggota dari Knight of Blood Oath (KoB), sebuah guild terdepan dalam Sword Art Online yang memiliki cita-cita menamatkan permainan dan menyelamatkan semua pemain dari kematian. Ia memiliki ikatan khusus dengan Yuna yang sering menyanyikan lagu-lagu untuk menyemangati para pejuang SAO.

Asuna menyebutkan bahwa Nautilus merupakan seorang pemain yang tidak mau berada di garis depan ketika melawan musuh tangguh, karena ia sangat takut mati. Namun dengan masuk dalam guild terdepan di SAO dan berhasil selamat dari peristiwa mengerikan itu, menjadi bukti bahwa Nautilus cukup berbakat. Ditambah dengan kemampuan berpedangnya yang cukup menakjubkan di Ordinal Scale, walaupun dibantu dengan alat yang mempermudah permainan dari developer. Oleh karenanya, Penulis menempatkan Nautilus di urutan nomor 6 setelah Klein.

 

5. Kuradeel

Sama dengan Nautilus, Kuradeel juga anggota dari guild KoB. Ia juga memiliki sifat yang ramah dan sering tersenyum, sehingga tidak ada yang curiga bahwa pria ini merupakan seorang penjahat yang sangat licik. Bagi Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian yang telah menonton serial anime Sword Art Online secara maraton, maka pastinya mengetahui bahwa Kuradeel tidak bisa dijadikan teman oleh siapa pun. Kirito tidak pernah menyangka akan diracun oleh Kuradeel dan akan dihabisi saat itu juga.

Ya, bagaimana pun tersingkap sudah topeng Kuradeel yang menyamar sebagai anggota guild yang baik, namun sesungguhnya termasuk anggota guild paling jahat bernama Laughing Coffin. Ia menarget pemain-pemain lain untuk dibunuh, agar berbagai item miliknya bisa diambil. Sifat ularnya semakin berbahaya karena mengenggam dua senjata kuat hasil rampokan bernama Tyrant Dragon! Jika saja Asuna terlambat sedikit saja, Kirito mungkin sudah jadi daging cingcang mata dadu sekarang.

 

4. Vassago Casals

Vassago Casals mendapat julukan yang seram, yaitu Prince of Hell atau yang sering disingkat PoH. Ia merupakan pemimpin yang terkenal paling kejam dari Laughing Coffin. Ia bertujuan menzarah item-item dari pemain lain dengan cara membunuhnya. Kekuatan PoH tidak perlu diragukan lagi, dengan senjata yang tidak kalah menyeramkan dari julukannya, Mate Chopper, serangan yang dilancarkan PoH dapat menembus tameng tebal dari lawan-lawannya dengan amat mudah.

Meski PoH terkesan adikuasa dan tidak terkalahkan, Penulis bimbang untuk menempatkannya di urutan yang mana, apakah pantas mendahului Asuna di urutan ke-3 atau tidak. Mengingat, sampai akhir petualangan Kirito di dunia Sword Art Online, keberadaan karakter satu ini masih belum diketahui dengan jelas. Jadi, sesuai perhitungan, kekuatan PoH mungkin bisa dibilang masih setingkat di bawah Asuna mengingat pacarnya Kirito adalah wakil pimpinan guild Knight of Blood Oath yang kekuatannya sudah terlihat jelas.

 

3. Asuna

pendekar pedang

Asuna tidak memakai nama alias di setiap permainan daring yang dimainkannya. Jika Kirito merupakan kependekan dari Kirigaya Kazuto, maka Asuna tetaplah Yuuki Asuna. Asuna termasuk karakter utama dalam jalan cerita SAO, dan ia menjabat sebagai wakil pimpinan guild Knight of Blood Oath. Cewek cantik dengan lekuk tubuh yang indah ini memiliki sebutan The Flash. Bersama Heathcliff, ia melakukan perjalanan dari satu lantai ke lantai selanjutnya, demi menamatkan permainan dan menyelamatkan hidup semua orang yang terperangkap dalam game.

 

2. Heathcliff

Pengembang atau developer atau game master dari Sword Art Online adalah Heathcliff. Kayaba Akihiko bunuh diri di dunia nyata, namun sebelum melakukannya ia telah memindai otaknya terlebih dahulu dengan frekuensi tingkat tinggi, sehingga bisa dibilang ia kini hidup di dalam permainan ciptaannya sendiri. Kayaba Akihiko kemudian menyamar sebagai Heathcliff yang memimpin guild KoB dan menantang Kirito untuk bertarung. Dengan pedang panjang bernama Liberator dilengkapi tameng besar, Heathcliff merupakan pendekar pedang tak mudah dikalahkan.

 

1. Kirito

Orang nomor satu di SAO yang mampu mengalahkan sang pencipta permainannya, Kirito, yang di dunia nyata bernama Kirigaya Kazuto ini memang gamer sejati! Tidak hanya disebut sebagai pahlawan SAO berjulukan Solo Player, cowok bertampang manis yang bisa menggaet lima wanita sekaligus tersebut juga berhasil menjadi pahlawan di Alfheim Online maupun Gun Gale Online. Dengan pedang ganda favoritnya, Elucidator dan Dark Repulser, Kirito dielu-elukan sebagai rajanya VRMMORPG!

Itulah ketujuh pendekar pedang terhebat di dalam anime Sword Art Online. Minasan kira-kira suka yang mana nih? 🙂