Ada banyak nama-nama legendaris dalam dunia animanga. Tomino Yoshiyuki sudah pasti masuk dalam jajaran nama tersebut, sebagai creator Gundam dan menciptakan genre Real Robot. Tapi bagaimana pandangannya akan nama legendaris lain dalam dunia animanga, Miyazaki Hayao? Baru-baru ini ia mengungkapkannya, bersamaan dengan pendapatnya mengenai film animasi Spiderman into Spider-Verse.

Untuk latar belakang bagaimana ia bisa mengungkapkan pendapatnya tersebut, kemarin-kemarin Tomino memberikan special lecture dalam kampus Tokyo dari Universitas Takarazuka kepada para mahasiswa yang mempelajari seni dan media.

Dan dalam lecture tersebut, diantara beberapa hal yang dikatakan olehnya, Tomino mengatakan kalau film animasi Spider-Verse sebagai “anime yang sangat aneh” dan mengenai Miyazaki, Tomino merasa sedih karena ia tak dapat “menghancurkannya”.

Waw, perkataan yang terasa kuat dan agak negatif. Memang Tomino memiliki sikap yang tegas dan jujur, tapi apakah pendapatnya kepada film Spider-Verse dan Miyazaki benar-benar negatif? Ternyata tidak juga.

Tomino mengatakan kalau ia menghabiskan satu minggu memikirkan bagaimana film tersebut memenangkan Best Animated Feature Academy Award. Tomino mengatakan kalau sekilas film itu terlihat seperti live-action, dan sangat eksperimental diberbagai tempat.

Tomino juga mengatakan kalau ia takkan menilai kualitas film Spider-Verse, tapi dalam level teknikal, Tomino melihat betapa banyak kerja keras yang dituangkan untuk film tersebut. Dan karena itulah, Tomino mengatakan kepada mereka yang hadir dalam lecture itu, jika mereka ingin masuk industri anime, buatlah sesuatu yang lebih hebat lagi daripada Spider-Verse.

Dan berhubungan dengan hal itu, itu juga maksud perkataan kenapa Tomino sedih karena tak dapat Menghancurkan Miyazaki. Tomino lanjut mengatakan kalau begitu masuk ke industri anime, akan bisa ditemukan banyak orang berbakat, dengan memiliki seseorang yang ingin “dihancurkan” bisa menginspirasi seseorang untuk mengejar mimpi mereka.

Terlihat kalau perkataan Tomino kepada Miyazaki tersebut bukan karena musuhan, mungkin bagaikan melihat seorang rival yang mendorongnya untuk jadi lebih baik, dengan Tomino mengatakannya dengan senyum diwajahnya. Ia juga lanjut mengatakan kalau ia bisa menciptakan seri macam Gundam, karena ia berkesempatan untuk bertemu Miyazaki dan juga Takahata Isao.