Content provided by Keepo. Akhir – akhir ini banyak banget perusahaan teknologi yang mengembangkan keamanan gadget kita dengan pemindai wajah yang “katanya”merupakan masa depan untuk keamanan dan mulai meninggalkan beberapa metode yang sekarang ini udah kita gunakan, misal saja menggunakan password , fingerprint serta face recognition atau pemindai wajah.

Baca Juga:

Meskipun sudah punya angan – angan demikian, bukan berarti teknologi yang lagi dikembangkan ini tidak punya celah keamanan. Yang terbaru adalah, ternyata Windows Hello, sistem pemindai wajah besutan Microsoft, bisa dibobol hanya dengan foto!

pemindai wajah

Beberapa kali mungkin kalian mendengar kasus pembobolan teknologi FaceID milik Apple hanya dengan menggunakan foto orang atau sekedar membuka smartphone di depan kaca. Lalu ada juga masalah gagalnya FaceID ketika mendeteksi wajah orang, anak kembar dan bahkan bisa dibuka dengan foto orang lain. Ternyata nggak hanya Apple saja loh yang mengalaminya, perusahaan teknologi raksasa lainnya, Microsoft ternyata juga mengalami hal yang sama!

Microsoft sendiri meluncurkan sebuah layanan baru yang mereka beri  nama Windows Hello, salah satu pemindai wajah yang mereka klaim paling “mutakhir” yang pernah ada. Teknologi ini diuji coba di dalam laptop Microsoft Surface Pro 4 yang menggunakan Windows 10. Nah, ternyata Microsoft Hello ini masih memiliki celah keamanan dengan memanfaatkan spoofing alias penyadapan. Bahkan hanya dengan foto, Microsoft Hello masih mengalami kesalahan deteksi!

Microsoft sendiri masih belum memberikan komentar resmi atas temuan celah keamanan itu sendiri, namun yang pasti kalo kalian ingin menggunakan fitur yang satu ini, pastikan versi yang dirilis adalah versi resmi bukan resmi beta bahkan alpha.
Sebenarnya penulis pribadi lebih menyukai untuk menggunakan password konvensional, karena teknologi face recognition atau fingerprint ini sendiri lebih rentan. Emang, penggunaan password sendiri jauh lebih rentan kalo kita gak waspada. Tapi asalkan kita selalu menjaga keamanan password dengan cara gak membagi-bagikannya ke orang lain, dan selalu log out dari website yang sering kita gunakan, semuanya pasti aman kok.
Kamu sendiri, lebih suka pake password, face recognition, atau fingerprint?