Kabar berbahagia untuk otaku yang suka animanga mungkin sudah biasa. Maka dari itu kali ini mimin bawa berita bahagia bagi para kreator animanga. 😀 baru-baru ini mencuat kabar bahwa pemerintah jepang meringankan syarat pengeluaran visa untuk orang-orang yang ingin bekerja di jepang. Khususnya di ranah animasi, desain dan dunia masak-memasak.

Adanya rencana tersebut memang dibenarkan. Hal ini sebagai langkah pasti yang diambil pemerintah jepang setelah mereka membuka acara survey dan wawancara terbuka di bulan Maret kemarin. Acara yang bertajuk talen rising investigation commission tersebut diadakan bersama tenaga ahli dan industri besar. Lalu mulai bulan ini mereka akan melakukan pengujian pada sejumlah instansi terkait agar keringanan dalam pembuatan visa untuk para animator dan desainer asing ini segera dapat diterapkan.

Pemerintah Jepang

Mengapa sampai keluar rencana menghebohkan dari pemerintah jepang tentang visa kerja? Usut punya usut, ternyata banyak orang asing yang lulus dari Universitas jepang sebenarnya memiliki kesempatan sama besar untuk bekerja di perusahaan jepang. Namun sering kali mereka terkendala karena untuk mendapat visa dari pemerintah sangat sulit. Hal ini tentu cukup merugikan bagi perusahaan yang sudah “memata-matai” siswa unggulan tapi berkewarga negaraan asing. Karena mereka kehilangan calon karyawan yang bagus. Imbasnya, mereka susah menghasilkan ide-ide baru untuk dunia animasi.

Sampai saat ini, orang asing yang ingin bekerja di jepang dalam ranah animasi, desain dan cooking harus lolos seleksi skill untuk mendapatkan visa kerja. Misalnya, anak desain harus memiliki sertifikat lapangan dan menjahit pada level tertentu. Itupun mereka tidak dapat masuk di perusahaan menengah kebawah sebab terlalu beresiko. Nah karena terlu rumit akhirnya diadakan lah revisi syarat visa bagi orang asing ini.

Namun, meskipun pengujian dan survey lapangan sudah mulai diberlakukan oleh team khusus dari PM Shinzo Abe. Sepertinya akiba-chan dan akiba-kei yang pengen kerja jadi animator di jepang perlu bersabar deh. Karena, peraturan keringanan baru bagi visa animator asing ini baru bisa dinikmati paling cepat di tahun 2018. So, masih minat kerja di Jepang kan? 😀

Comments

Loading...