Akhir minggu lalu, kita bersiap-siap akan pertarungan seru yang akan dilakukan antara negara Amerika dan Jepang. Pertarungan besi lawan besi, teknologi melawan teknologi, Mecha Raksasa melawan Mecha Raksasa. Sebuah pertarungan yang perjalanannya dimulai dari dua tahunan lalu. Dan akhirnya pertarungan tersebut dilakukan. Dan sekarang, mecha battle USA vs JPN selesai, & pemenangnya telah didapat.

Ini momen yang lumayan bersejarah. Pertarungan Mecha Raksasa yang tadinya hanya ada dalam kisah fiksi macam G Gundam akhirnya bisa direalisasikan dalam dunia nyata ini. Bahkan pendiri MegaBots berharap akan adanya liga mecha battle alias robot raksasa semacam ini untuk kedepannya nanti.

Tapi untuk sekarang karena masih pertama-tama, persiapannya masih agak kasar. Pertarungannya mecha battle dilakukan dalam sebuah bangunan tua sebagai arena tanding. Dengan Mike Golberg sebagai MC bersama ahli robot Saura Nadeli. Dengan reporter Mari Takahashi yang fasih berbahasa Inggris dan Jepang mewawancarai kedua tim. Pertarungannya disiarkan melalui website Twitch dan kemudian ditayangkan juga di website streaming lain, termasuk Youtube.

Tim MegaBots memakai tak hanya satu, tapi ternyata membawa dua mecha. Mecha Mark II mereka Iron Glory dan Mecha Mark III bernama Eagle Prime. Yang keduanya memiliki tema Amerika, dengan ukuran yang lebih besar dan persenjataan yang berat, tapi gerakannya agak lambat dan kaku. Kedua mecha tersebut dipiloti oleh dua pendiri MegaBots, Matt Oehrlein dan Gui Cavalvanti.

Dari Jepang adalah Tim Suidobashi memakai robot Kuratas mereka, yang dipiloti oleh pembuatnya, Kurata Kogoro. Kebalikan dari USA, Kuratas memakai desain yang lebih ramping. Dengan pergerakan tangan yang lebih luwes dan roda kaki yang lebih memiliki mobilitas. Tapi kebalikannya adalah persenjataannya tak begitu berat.

Lalu siapakah yang menjadi pemenang? Apakah Mecha buatan Amerika dengan senjata-senjata beratnya? Ataukah Mecha buatan Jepang yang bisa menghindari serangan-serangan dan melakukan counter attack? Silahkan tonton videonya dulu. Atau bagi yang tak sabar dan tak masalah Spoler, bisa langsung baca bagian bawah 😉

 

SPOILER

Dalam pertarungan ini MegaBots bawa dua mecha. Dan Kuratas berhasil menang lawan Iron Glory pada pertarungan pertama berkat kecepatannya. Kuratas menghindari tembakan jarak jauh Iron Glory sambil menerjang melle dan meninjunya sampai jatuh.

mecha battle

Tapi pada pertarungan kedua Eagle Prime yang muncul. Persenjataannya yang lebih berat berhasil menahan pukulan Kuratas, dan berhasil mengalahkan Kuratas berkat senjata Chainsaw miliknya. Jadi bisa dibilang Jepang memenangkan pertempuran, tapi Amerika memenangkan peperangan.

Tapi Amerika mungkin jangan mengadakan pesta kemenangan dulu. Karena ada kemungkinan kalau mereka juga perlu berhadapan dengan Sang Raja Monyet. Mecha raksasa lain yang dibangun oleh China, Monkey King, yang berkesempatan melawan pemenang pertandingan ini.

https://www.youtube.com/watch?v=5x1AVFRpUHQ