Sebuah anime atau game, apalagi yang terkenal, akan memiliki berbagai macam produk atau merchandize. Bisa poster atau baju atau dakimakura. Dan tentu, Figure atau Figurine. Dari yang muat ditangan, sampai yang jadi fokus artikel ini, Life-size. Telah ada banyak figure seperti itu, mulai dari Mumei sampai Sonico. Tapi apakah mina-san penasaran bagaimana figure itu dibuat? Nah sekarang kita akan tahu. Yuk intip seluk beluk pembuatan Life-size Anime Figure.

Info ini berasal dari sebuah program TV Jepang bernama Catch!, yang sering mengintip seluk beluk berbagai macam aktivitas yang niche atau jarang diketahui detailnya oleh masyarakat umum. Dan melalui salah satu corner berita mereka yang berjudul Suuji no Wakaru Hanjou no Wake, kali ini mereka menelusuri industri Anime Figure, spesifiknya, yang berukuran Life-size.

life-size anime

Untuk segmen tersebut, mereka mengunjungi perusahaan produser Figure bernama Befull. Perusahaan tersebut terkenal memproduksi life-size figure FigureX dari karakter Rem dari seri Re:Zero, yang dijual seharga 1.480.000 Yen. Dan karena itu, figure Rem tersebut ditunjukkan dalam bagian pembuka. Wah terasa bangga ya bagi fans Rem 😉

https://www.youtube.com/watch?v=BFFfqTLv_zM

Bagian pembuka tersebut juga menjelaskan kalau figure Rem itu mendapatkan sampai lebih dari 20 pesanan dalam satu hari. Dan ternyata pemesannya tak hanya dari Jepang, tapi juga negara luar seperti China, Amerika, bahkan Jerman. Hmm Negara Indonesia gimana ya mina-san 😀

Kemudian bagian kedua adalah mengenai pembuatan figure tersebut. Befull mengatakan kalau mereka memakai teknologi yang sulit tuk disaingi. Apakah itu? Ternyata mereka memakai mesin 3D Printer untuk membuat figure life-size tersebut.

https://www.youtube.com/watch?v=y7KFk9lO4D4

Dan tak hanya 1, tapi terlihat mereka ada 4 mesin! Itu karena mereka memasukan data figure dan pembuatannya per bagian, yang kemudian dipasang jadi satu. Ini jadi sangat mempercepat pembuatan figure. Sebelumnya, dikatakan pembuatan figure seperti itu bisa memakan waktu setengah tahunan. Dengan 3D Printer, waktunya jadi hanya sebulan!

Usaha produksi juga dibuat lebih efisien lagi dengan sistem produksi yang dipakai perusahaan tersebut. Biasanya, perlu ada saling feedback antara berbagai departemen dalam pembuatan satu figure. Tapi Befull menyatukan semua departemen pembuatannya, jadi kontak feedback hanya dengan pemegang license karakter figure itu.

https://www.youtube.com/watch?v=aINLOUPgOCc

Kemudian dibagian terakhir adalah sebuah wawancara dengan salah satu pemilik life-size figure buatan Befull. Tapi kali ini bukan Rem, melainkan karakter Vocaloid, yang bukan Miku 😀 tapi karakter Yuzuki Yukari, yang dijual seharga 1.280.000 Yen. Tapi pemiliknya sepertinya fans Miku juga, yang terlihat dari barisan figure dan figma Miku di rak miliknya.. jadi agak iri nih mina-san 😀

Sang pemilik juga mengatakan ia dan teman-temannya mengadakan kumpul makan bareng sambil melihat figure tersebut. Walau mungkin terdengar agak aneh, dapat dilihat kualitas detail life-size figure itu, yang membuatnya unik dipandang, mengundang rasa apresiasi dari segi seni. Keren sekali ya mina-san 😉 Harganya memang mahal, tapi bisa terlihat alasannya melalui pembuatannya tersebut.