Selain memiliki aset berupa animasi, budaya dan tempat wisatanya, Jepang juga terkenal akan kebersihan negerinya. Bahkan saat beberapa gelintir orang menyisakan sampah pesta banyak warga lain berbondong-bondong untuk membersihkannya. Tanpa menunggu petugas kebersihan datang. Tapi kali ini mimin mau berbagi cerita kurang enak sih. Lagi-lagi karena ulah segelintir manusia kurang taat peraturan, pandangan orang jadi berubah. Seperti yang dialami oleh pegawai famart Jepang berikut ini.

Convenience Stores atau toko serba ada di Jepang (kalau disini seperti Indom*rt, Alf*). Dikenal sangat serius menangani kebersihan dan kehygienisan. Baik dari sisi barang yang mereka jual maupun dari kesehatan para pegawainya. Yang paling terkenal di Jepang selain Seven Eleven adalah Famart alias Family Mart. Setiap hari pegawai famart selalu bolak balik mengecek barang dagangan mereka.

Mengganti barang hampir expired dengan yang masih fresh, menyapu, mengepel, bahkan membersih rak dan kaca agar selalu kinclong layaknya apartmen. Pokoknya mereka terkenal sebagai orang yang sangat bekerja keras demi pelanggan.

Tapi kayaknya yang dibagikan oleh pengguna twitter bernama Shushu ini tidak termasuk mencerminkan tugas terpuji diatas. Sebuah unggahan foto menunjukkan seorang pegawai famart sedang menaruh stok minuman di lemari pendingin. Sekilas sih tampak normal. Tapi ia mencoba mengarahkan pembaca untuk melihat di bagian bawah foto pegawai famart tersebut.

Sang pegawai famart terlihat memanjat kotak untuk mempermudah pekerjaannya. Sialnya, itu adalah kotak berisi susu dan jus buah. Tepat berada di bawah sol sepatunya. Membuat netizen jepang bergidik dan berkata tidak ingin kembali membeli minuman di famart tersebut.

Salah?

Ya. Sebab menurut standart aturan disana, kotak makanan atau minuman tidak boleh diinjak. Meskipun itu berupa makanan/minuman dalam kemasan karton. Beberapa da yang berkomentar bahkan sampai ke ranah tata krama dan kebiasaan.

 

“Serius, aku nggak akan membeli apapun di family Mart lagi.”
“wah itu sangat tidak sopan sekali”
“kotor dan tidak bisa menghargai (minuman yang diinjaknya)”
“Plis, apa dia tidak diajarkan tata krama saat masih sekolah dulu? maksudku, hey! itu kotak makanan!”

Melihat antusias netizen yang meretweet lebih dari 25.000 kali. Sang pemilik twitter berencana melaporkannya kepada atasan atau pemilik Famart. Langkah ini didukung banyak orang yang berbendapat bahwa pegawai seperti ini masih perlu banyak didisiplinkan.

“Aku akan menyampaikannya kepada atasan mereka. Mungkin dia memang pegawai muda atau baru yang masih sering lalai. Tapi itu melanggar aturan, harus lebih didisiplinkan”.

Waow, horror sekali ya akiba-chan dan akiba-kei. Mereka kompak sekali kalau masalah kebersihan. jadi kalain kalau lagi arubaito di jepang juga harus hati-hati lho. Jangan sampai melakukan hal jorok yang bisa bikin pelanggan ilfeel. Hehe