Beberapa hari ini Gundam sedang hype dan viral dikarenakan pembangunan patung Gundam skala 1:1 di Yokohama berjalan dengan lancar, dan terbukti dengan patung itu terlihat bisa bergerak berjalan sesuai rencana. Tapi tak hanya itu raksasa yang sedang dibangun di Jepang, karena ada lagi raksasa yang tak kalah besar dan apik, yaitu patung Shin Godzilla, dan baru-baru ini diperlihatkan pembangunannya juga berjalan lancar.

Godzilla adalah salah satu seri film terbesar buatan Jepang dan yang menciptakan genre Kaijuu alias monster raksasa. Ketenarannya mendunia, dengan seri itu telah dibuat beberapa kali oleh Hollywood, dengan yang terbaru adalah film Godzilla VS Kong yang dijadwalkan dirilis 2021 nanti.

Sedangkan untuk film live-action Godzilla terbaru dari Jepang, adalah Shin Godzilla yang dirilis tahun 2016, yang disutradai oleh sutradara anime terkenal Anno Hideaki, bersama Higuchi Shinji. Dan sekalian balik ke topik, sesuatu yang menarik adalah film tersebut dikategorikan sebagai film Godzilla era Reiwa, bersama trilogi CG anime Godzilla buatan Toho dan Polygon Pictures.

Meskipun semua film itu tak dirilis pada tahun 2019 saat era Reiwa dimulai di Jepang. Tapi mungkin ini karena pada tahun itu, diumumkan projek Shin Godzilla yang besar. Dan projek tersebut, adalah pembangunan patung Shin Godzilla raksasa berskala 1:1 sepanjang 120 meter!

Patung tersebut tapi tidak berdiri, karena bentuk yang dipakai adalah saat Shin Godzilla masih belum sempurna, jadi ia menunduk seperti hewan kaki empat. Tapi meskipun tidak tinggi, ia tetap besar dan seram, dengan mata seperti tak berperasaan, dan ratusan gigi tajam dan mulut yang menganga besar, yang bisa menyala dan membuatnya terlihat siap menembakkan beam dari mulutnya itu.

Patung tersebut dibangun sebagai bagian atraksi di Pulau Awaji di Prefektur Hyogo, yang dijadwalkan untuk dibuka dalam musim Summer 2020. Sayangnya hal itu tak terjadi, yang lumayan bisa dimengerti melihat masih panasnya pandemik virus corona bahkan di Jepang.

Akan tetapi pembangunannya tetap jalan, dan minggu lalu netizen Jepang memperlihatkan kalau pembangunannya lumayan lancar, dengan bentuk sang Godzilla sudah lumayan jadi, walau belum diumumkan kapan atraksi Shin Godzilla itu akan dibuka untuk umum nantinya.