Negara Jepang kini terkenal akan patung mecha Gundam raksasa, dan hebatnya sekarang tak hanya ada satu tapi dua, dan yang kedua malah bisa berjalan. Tapi yang mantap lagi adalah sekarang secara resmi ada juga patung Gundam raksasa diluar Jepang, yang tahun lalu diumumkan akan berdiri di Shanghai dan dijadwalkan akan jadi tahun 2021. Dan sesuai jadwal, Freedom Gundam kini berdiri megah di Shanghai.

Projek pembangunan Freedom Gundam Shanghai tersebut pertama diumumkan tahun lalu dalam event Gundam G Meeting 2020 dengan nama Gundam China Project. Ini merupakan projek patung Gundam life-size resmi pertama yang berada diluar Jepang. Didirikannya Gundam tersebut di Shanghai juga sesuai karena disitu juga ada markas dari Bandai Namco cabang China.

Untuk lokasi spesifiknya, Freedom Gundam Shanghai tersebut berdiri depan Mitsui Shopping Park LaLaport Jinqiao, dan yang pas lagi, disitu juga ada toko gunpla Gundam Base didalamnya, yang pembangunan tokonya juga selesai pada waktu yang sama dengan patung Gundam tersebut.

Pembangunan Freedom Gundam Shanghai setinggi lebih dari 18 meter tersebut kini telah komplit, dengan awal minggu ini diadakan event pemasangan kepala Gundam tersebut ke bagian badannya yang memakai truk crane. Pemasangan tersebut berjalan dengan lancar tanpa masalah.

Dan terlihat kalau Gundam tersebut berdiri dengan megah, semantap patung Gundam yang ada di Jepang. Untuk fitur, Freedom Shanghai ini termasuknya agak minim dengan lampu yang menyalakan mata dan beberapa bagian tubuhnya, dibanding Unicorn Odaiba yang bisa berubah form atau RX-78 Yokohama yang bisa jalan, tapi tetap saja terlihat mantap.

Untuk merayakan keberhasilan tersebut, Premium Bandai telah membuka pemesanan untuk dua gunpa model baru, mainan kecil, dan serba-serbi yang bertemakan Freedom Gundam. Item tersebut juga dapat dibeli di Jepang dari website Freedom Gundam GCP Popup Shop.

Tapi meski sudah jadi, Freedom Gundam tersebut masih belum diresmikan, dengan dikatakan kalau upacara pembukaan resmi dari Freedom Gundam Shanghai akan diadakan pada tanggal 28 Mei 2021 nanti. Dan upacara tersebut juga, seperti pengumuman pertama projek tersebut, akan ditayangkan melalui website BiliBili.