Sudah ada berbagai hal dari Indonesia yang secara tak terduga dilirik oleh negara Jepang, dan itu termasuk kabar mengenai animanga Jepang. Contohnya guling Pokemon Squirtle yang dijual di sebuah mall di Indonesia yang berbentuk seperti “itu” atau Rumah Doraemon seorang fans asal Indonesia yang menakjubkan. Kali ini ada lagi yang dilirik netizen Jepang, yaitu patung Gundam Indonesia, yang bahkan sampai diketahui sutradara Gundam 00!

Patung Gundam Indonesia tersebut dikatakan ditemukan di daerah Nyatman, Jawa Tengah, dan dikatakan terlihat mirip dengan Gundam Exia. Penduduk lokal mengaku kalau patung itu dibangun sejak jaman Kerajaan Majapahit, membuat patung itu juga dijuluki Mechapahit oleh netizen.

Patung Mechapahit tersebut mulai terlihat dari sekitar awal bulan April ini, dan perlahan menyebar dan menjadi viral dalam dunia maya dan media sosial Indonesia berkat aktivitas fans animanga Tanah Air Indonesia ini, dan masuk berbagai website berita di Indonesia.

Dan ternyata penyebaran tersebut juga sampai ke kampung asal anime Gundam, Jepang. Dengan foto Mechapahit tak hanya tersebar di Twitter, liputan patung tersebut dari website KotakGame juga sampai masuk website berita Jepang.

Tapi yang keren, atau bisa juga kocak, adalah patung Gundam Mechapahit Exia ini juga sampai diketahui oleh Mizushima Seiji! Beliau adalah sutradara dari anime Gundam 00, seri asal Gundam Exia, dan ia sendiri sepertinya terlalu terkejut, karena komen darinya saat mengetahui Mechapahit hanya “Apaan ini!? (LOL) 😀

Tapi benarkah patung itu adalah patung mecha jaman Majapahit? Netizen Jepang sih tak percaya dan mengatakan itu hoax. Tapi ternyata kini telah terungkap asal usul asli dari Gundam Mechapahit Indonesia tersebut!

Menurut website Detik, ternyata patung itu dibangun oleh seorang pria bernama Yatman, penjual beli rumah antik yang tinggal di Semarang. Ia sendiri begitu terkejut melihat patung karyanya itu kini jadi viral, dan ia juga baru mengetahuinya dari teman-temannya, karena ia tak aktif di internet.

Ia mengatakan kalau ia membangun patung tersebut memakai semen seorang diri, dan dibuat sebagai penanda jalan rumahnya, dan karena ia memang fans Gundam. Awalnya ia sering dicemooh oleh orang sekitarnya karena membangun patung itu.

Tapi sepertinya ia tetap merasa bangga akan patung tersebut, dengan Yatman mengatakan kalau ia mungkin akan membangun patung Gundam baru dan menyempurnakan patung Exia buatannya jika ada rezeki dan waktu luang.