Event Jepang tahunan  di Indonesia yaitu Ennichisai 2k18 telah berhasil di gelar pada 30 Juni Р1 Juli 2018 dengan mengangkat tema passion yang berlambang burung api, suzaku. Dimana maknanya adalah semangat dan minat yang kuat dalam memperingati terjalinnya diplomatik antara Indonesia dan Jepang yang sudah terbina selama 60 tahun.

Suasana Malam Ennichisai

Dalam event ennichisai kali ini, ennichisai menampilkan guest star yang berbeda dibandingkan enichisai tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya menampilkan boyband Colon, Addiction, dan Rush300. Selain Boyband, adapula Girlband dari Jepang sudah mempunyai fanbase yang cukup banyak di Indonesia yaitu Enka Joshi Lupinas, Kimi ga Watashidake no Oujisama Dattara, Shojo Complex, dan yang pastinya adalah JKT 48.

Boyband Addiction
Boyband Colon in Stage

 

Untuk performance aliran DJ, ennichisai mengundang DJ Misaki dan DJ Melochin yang sudah terkenal di Jepang dengan popularitas di website niko-niko douga. Selain kedua DJ dari Jepang tersebut, DJ Redshift yang sudah terkenal di Indonesia dan Jepang pun tak luput diundang untuk permorfance di ennichisai tahun ini. Untuk penyuka genre musik hard rock, ennichisai kali ini mendatangkan band dari Jepang yaitu Loka, yang sudah cukup terkenal di kalangan underground untuk genre musik hard rock ini. Untuk kedatangan band Loka ini, sekaligus memberikan warna bagi event ennichisai tahun ini.

DJ Misaki and DJ Melochin

 

Band Loka

Selain guest star yang didatangkan oleh ennichisai tahun ini, panggung ennichisai pun ada yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun ini, ennichisai menyediakan chika stage khusus bagi permormance-performance komunitas-komunitas Jepang yang ada di Indonesia. Chika Stage ini memberikan kesempatan bagi komunitas-komunitas Jepang yang ada di Indonesia untuk tampil dan menunjukan diri dengan performance-performancae yang mereka bawakan salah satunya dance dan menyanyi.

ennichisai 2k18
Chika Stage

Di Ennichisai 2k18 kali ini pun, mengadakan anisong, voice acting, Cosplay free style solo, Cosplay free style team dan single cosplay. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah ICGP yang pemenang dari kontes tersebut akan mewakili indonesia untuk bertanding di WCS (World Cosplay Summit) di Jepang.

Dengan berakhirnya Ennichisai 2k18 ini, diharapkan ennichisai tahun depan akan membwa warna dan semangat yang berbeda dibandingkan tahun ini.