Kerja part-time atau yang lebih mewah dengan sebutan arubaito merupakan istilah umum bagi pemuda pemudi di jepang. Tak heran istilah ini juga nggak asing di telinga otaku. Sebab dalam setiap cerita anime atau manga, kerja sampingan punya andil besar mengisi kegiatan tokoh utama. Nyatanya, dalam praktek dunia real, kerja part-time di jepang memang beneran ada. Dan membantu banyak sekali orang untuk mendapat penghasilan tambahan. Terutama bagi anak kuliahan.

Dari pada mereka nganggur saat selesai kuliah, mending dipergunakan untuk melakukan hal yang berguna dan menguntungkan. Ya kerja part-time ini misalnya. Weeit… tapi kalau kamu masih SMA belum bisa ambil kerja sambilan secara leluasa lho. Karena biasanya part-time di jepang mematok batasan umur tertentu.  Agar tidak menyalahi aturan pemerintah tentunya.

Namun bagi akiba-chan dan akiba-kei yang sudah menginjak umur kuliah. Don’t worry. Asalkan punya tenaga dan banyak waktu kalian bisa mendapatkan kerja part-time di jepang dengan mudah. Ada banyak tempat yang bisa kamu ampiri untuk… ehem… menawarkan tenaga diri. Mulai dari cafe, restoran cepat saji, toko kue, toko baju, toko-toko indie bahkan tempat bergengsi sekalipun. Tapi dapetnya random ya. Sesuai dengan tenaga apa yang sedang dibutuhkan saat itu.

Nah menurut survey di situs Youpouch. Dari sekian banyak tempat part-time di jepang tenyata ada 10 nama yang paling mendominasi. Dalam artian, selain mereka pada musim tertentu sangat membutuhkan tenaga kerja tambahan. Tempat-tempat ini juga paling di incar oleh para pencari kerja sambilan.

Dengan berbagai alasan dari para responden, mulai dari gajinya yang besar, tempatnya mewah, bikin kelihatan keren di mata gebetan, menawarkan pengalaman dan skill yang berguna, mudah bekerja kembali setelah lulus, sampai karena emang seleksinya sangat susah ditembus. Sehingga suatu kebanggan tersendiri bila akiba-chan dan akiba-kei bisa masuk sebagai pekerja disana walau hanya part-time.

Dari pada penasaran yuk deh simak. Tempat apa saja sih yang paling diiincar mahasiswa saat mencari part-time di jepang? Ini dia jawabannya, diurutkan dari yang peminatnya tinggi hingga terendah.

1 – STARBUCKS

 

2 – TOKYO DISNEY RESORT

 

3 – UNIVERSAL STUDIO JAPAN

 

4 – Mc Donald’s

 

5 – Lawson

Baca Juga: Tim Death Note Membuka Lowongan Kerja Part Time Untuk Cosplayer Ryuk

 

6 – Seven Eleven

 

7 – Muji

 

8 – Family Mart

 

9 – Aeon

10 – Uniqlo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here