Nah akiba-chan dan akiba-kei. Kita sudah mendengar kabar 3 anime komedi baru yang siap mengocok perut tahun depan. Tapi yang namanya sebuah seri takkan selalu terus ada. Seperti Bleach dan Gintama contohnya. Dimana ada awal akan ada akhir, baik itu seri anime atau seri manga atau bahkan orang-orang dalam industri Animanga. Memang sedih, tapi itu juga yang akan dialami 3 seri manga komedi ini πŸ™

Hayate

Kita mulai dari yang paling senior dari tiga seri manga komedi ini, yaitu seri Hayate no Gotoku, atau judul lokalisasinya, Hayate the Combat Butler, karya Hata Kenjirou. Seri cerita petualangan butler/shitsuji bernama Ayasaki Hayate ini dimulai dari tahun 2004, membuatnya sekarang sudah berumur 12 tahun. Mungkin generasi 90an masih ingat saat seri kocak ini pertama masuk Indonesia. Sekarang, telah diumumkan kalau seri ini sedang hiatus dan akan lanjut lagi diΒ bulan November. Dan kisah kelanjutannya bulan November nanti itu juga sekaligus awal dari arc finalnya.

mangatamat1

Seri ini juga yang paling banyak diadaptasi menjadi anime dibanding dua seri lainnya. Season pertama keluar tahun 2007, diadaptasi oleh studio Synergy SP. Season kedua keluar tahun 2009, diadaptasi oleh J.C Staff. Season ketiga, keempat, beserta OVA dan Movienya dianimasikan oleh studio Manglobe dari tahun 2011 sampai 2014. Sedikit trivia juga kalau protagonis lain Hayate, Sanzenin Nagi, telah dinobatkan oleh fans anime (dan fans Kugimiya Rie) sebagai salah satu dari 4 Tsundere Wonder πŸ˜€

SoreMachi

Kemudian manga komedi yang berikutnya adalah Sore demo Machi wa Mawatteiru, karya Ishiguro Masakazu. Seri ini pertama kali dirilis pada tahun 2005, membuatnya sekarang berumur 11 tahun. Dari bulan Juli sudah diberikan beberapa hint akan tamatnya seri ini, dan pada bulan September dikatakan manga ini akan tamat β€œdalam 4 episode”. Dikatakan juga untuk tankoubon terakhirnya pada volume 16 akan dirilis pada musim semi 2017 nanti.

manga komedi

Mengisahkan kehidupan sehari-hari para karakter yang bersetting di sebuah Kissaten, atau kedai teh, bernama Seaside, yang terletak di Tokyo. Kumpulan karakter-karakter dengan sifat yang aneh, seperti Arashiyama Hotori, protagonis maid Seaside yang bercita-cita jadi detektif, sampai staff maid lainnya, dan juga para pengunjung reguler yang ga kalah anehnya, membuat anime ini cocok dianimasikan oleh Studio SHAFT pada tahun 2010 lalu.

Kokkuri-san

Kemudian yang terakhir adalah seri yang bisa dibilang paling muda. Dan yang lebih bikin sedih lagi juga yang akhirnya akan datang paling cepat πŸ™ yaitu seri 4koma Gugure Kokkuri-san karya Endou Midori. Seri ini dimulai dari tahun 2011, dan akan tamat dengan chapter terakhirnya yang akan keluar pada bulan November depan.

mangatamat3

Mengisahkan seorang anak perempuan yang aneh tapi imut bernama Kohina yang maniak mie instan yang tak sengaja memanggil setan Kokkuri, yang berwujud sebagai seorang bishonen berambut perak bertelinga rubah. Tadinya ia ingin mengutuk Kohina tapi kemudian malah jadi khawatir dengan keanehannya, sehingga memutuskan untuk menghantuinya dengan merawatnya. Seri ini kemudian dianimasikan oleh studio TMS Entertainment pada tahun 2014 lalu.

Terima kasih banyak Hata-sensei, Ishiguro-sensei, dan Endou-sensei. Masih ingat deh pas nonton anime dari tiga manga ini. Dari kekocakan Hayate, dan keanehan Hotori, sampai keimutan Kohina dan Kokkuri. Terima kasih telah memberikan kisah yang menghibur kami para pembaca. Semoga projek berikutnya para sensei sekalian jadi lebih seru lagi πŸ˜‰