Akhirnya event besar dunia fans animanga dan game di Jepang, Comic Market, telah selesai. Walau ada sedikit masalah yang terjadi, secara keseluruhan event tersebut berjalan lumayan lancar dan meriah. Banyak doujinshi yang dijual belikan dan banyak cosplayer dengan kualitas yang mengagumkan yang bergaya disitu. Dan telah dikabarkan kalau ternyata event Comiket 96 tersebut sampai memecah rekor jumlah pengunjung!

Event Comic Market ke-96 yang kemarin diadakan di Tokyo Big Sight ini adalah event Comiket musim panas dan yang pertama dalam era Jepang Reiwa. Dan pas dengan momen menarik itu, dikabarkan kalau ini adalah event Comiket dengan jumlah pengunjung total paling banyak.

Dihitung-hitung, pada hari pertama dihari Jumat ada 160.000 pengunjung yang datang, hari kedua ada 170.000 orang, ketiga ada 200.000, dan hari terakhirnya juga sama 200.000 pengunjung. Ini membuat jumlah totalnya mencapai 730.000 orang!

Jumlah itu memecah rekor pengunjung terbanyak yang sebelumnya dipegang oleh event Comiket 84 yang memiliki jumlah total pengunjung sebesar 590.000 orang. Walau event C96 kali ini dibantu juga dengan diadakan selama 4 hari, lebih lama daripada acara Comiket sebelumnya yang selama 3 hari, termasuk C84.

Angka yang bagus walaupun seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, sempat ada masalah yang terjadi dalam bentuk heatstroke pada hari Minggu. Sampai sebelas pengunjung mengeluh akan kesehatan mereka, dan tiga diantaranya pada akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Lumayan wajar dengan suhu pada hari itu mencapai 35.5 derajat Celsius.

Untungnya tak seperti daerah Aichi, masalah panas di Comiket ini tidak fatal sama sekali. Sampai ada salah satu korban heatstroke yang dilarikan ke rumah sakit itu yang semangatnya tak dipatahkan oleh panas matahari, ia meminta temannya membeli doujinshi saat dinaikkan ke ambulance! 😀

Setelah ini event Comiket berikutnya, Winter Comiket 97, akan diadakan tanggal 28-31 Desember 2019, dan setelah itu, Summer Comiket 98, akan diadakan jadi dalam bulan Mei 2020 karena akan diadakan acara pers untuk Olimpiade Tokyo 2020 pada bulan Juli dan Agustus 2020. Kita lihat apakah rekor ini akan dipatahkan.