Kolaborasi adalah hal yang bagus dalam melakukan promosi berbagai pihak. Dan lumayan umum untuk berkolaborasi dengan sebuah seri anime atau game. Sudah banyak contoh kolaborasi seperti itu, seperti antara anime FREE! dan Animate Cafe, atau event Anglerfish Festival dan Girl und Panzer. Kali ini ada kabar kolaborasi anime dan event lagi, dengan kolaborasi Museum Sano Touken Ranbu untuk event pameran katana mereka.

Kolaborasi seperti ini memang sesuatu yang bisa ditebak, dan juga cocok. Mengingat betapa populernya Touken Ranbu, kolaborasi macam ini bisa membuat para generasi muda Jepang jadi memberi perhatian pada sejarah tradisional Katana. Yang sudah kita lihat hasilnya dalam peran fans TouRan pada pembuatan ulang pedang Hotarumaru dan Yagen.

Ini juga bukan kolaborasi pameran museum pertama game tersebut. Contohnya diawal tahun 2017 ini, juga dilakukan kolaborasi bersama Museum Kyoto, dalam pameran bertema Era Sengoku, dengan menampilkan pedang Gokotai sebagai salah satu isi acara.

Kali ini, Gokotai juga muncul dalam pameran di Museum Sano. Karena Gokotai adalah pedang dari klan Uesugi, dan tema dari pameran museum Sano ini adalah Uesugi-ka no Meitō to Sanjū-go Koshi atau Pedang Harta dari Klan Uesugi, yang akan dilakukan awal tahun 2018, dari tanggal 7 Januari sampai 18 Februari.

Dan Gokotai juga tak sendirian, karena ada banyak pedang yang ditampikan. Dua diantaranya juga adalah karakter Touken Ranbu. Salah satunya adalah Tantou bernama Kenshin Kagemitsu, yang diberi nama itu karena ia dibuat oleh Kagemitsu dan selalu dibawa oleh Daimyo Uesugi Kenshin.

Dan yang terakhir dan mungkin menjadi pedang karakter Touken Ranbu paling penting dalam pameran ini, adalah Fudou Yukimitsu. Karena pameran ini adalah yang pertama kalinya bagi pedang tersebut dipertunjukkan depan umum. Dimana terakhir itu dilakukan adalah 40 tahun lalu!

Dan karena kolaborasi itu, nanti juga akan dipasangkan gambar dari ketiga karakter Touken Ranbu tersebut bersama pedangnya, dalam ukuran live-size loh 😉 selain itu akan dijual juga berbagai barang kolaborasi, dan akan diadakan stamp rally dalam kota Museum Sano berada, Kota Mishima.