Hololive kemungkinan besar sudah jadi nama yang dikenal oleh banyak orang yang menjelajahi internet sebagai salah satu grup Virtual Youtuber paling terkenal dan populer saat ini. Dan baru-baru ini mereka memberikan kabar yang pahit dan manis. Dengan dieilisnya manga resmi dari projek HoloLive Alt, dan pengumuman kalau salah satu member terbesar mereka, Kiryuu Coco, akan lulus bulan depan.

Kita mulai dari yang manis dulu, dengan update dari projek HoloLive Alternative, sebuah projek dimana dibuat sebuah “dunia alternatif” fantasi yang menghadirkan para member dari agensi HoloIive sebagai karakter dunia itu. Update itu adalah perilisan manga prolog yang digambarkan Kurose Kousuke sang mangaka yang membuat adaptasi manga dari kisah Goblin Slayer.

Berjudul Holoearth Chronicles Side:E Yamato Phantasia, chapter tersebut mengisahkan pertarungan antara Shirakami Fubuki dan Okami Mio melawan Nakiri Ayame, memberikan konteks pada adegan pertarungan ketiga karakter itu pada teaser trailer Hololive Altenative. Manga itu juga sudah ditranslasi resmi ke bahasa Inggris untuk fans luar Jepang.

Dan kepada kabar yang lebih serius dan pahit, adalah pengumuman kalau member Kiryuu Coco akan lulus dari agensi Hololive pada bulan Juli. Dikatakan kalau ia akan melakukan livestream terakhirnya pada tanggal 1 Juli nanti. Kabar yang sangat mengejutkan karena ini adalah pertama kalinya seorang member besar dari agensi tersebut mengumumkan kelulusannya.

Walau mungkin sudah agak terasa mencurigakan dengan sang member Hololive generasi 4 tersebut melakukan berbagai streaming besar dan seru belakangan ini, seperti untuk pertama kalinya melakukan kolaborasi dengan Hololive Indonesia dan juga Hololive English.

Kiryuu Coco adalah salah satu member terpopuler dari Hololive apalagi bagi fans luar Jepang berkat dirinya yang fasih Inggris, yang juga membuatnya berperan dalam dibuatnya Hololive English, dan juga jadi member Hololive dengan pemasukan Superchat terbesar dunia pada pertengahan tahun 2020 lalu, dan saat ini jadi nomor 2 setelah Uruha Rushia sesama Hololive Vtuber.

Tapi ia juga jadi salah satu yang paling kontroversial dengan gayanya yang berani vulgar dan kocak, dan apalagi beberapa waktu lalu terlibat masalah karena tak sengaja menampilkan kata Taiwan pada salah satu streaming darinya, yang membuat streaming darinya jadi suka diganggu netizen negara China yang jadi membencinya karena hal tersebut.