Light Novel modern rasanya terkenal akan judulnya yang panjang. Tapi bulan Januari lalu, kita kedapatan berita kalau akan dirilis light novel dengan judul paling panjang yang pernah ada. Light novel tersebut akan dirilis bulan Maret ini. Akan tetapi, baru-baru ini ada kabar mengejutkan dalam pengumuman yang terbaru akan perilisan seri light novel baru. Padahal baru belum lama, tapi rekor judul light novel terpanjang telah dipatahkan!

Sebelumnya, rekor judul terpanjang dipegang oleh LN buatan Uwami Kuruma yang berjudul Sew it up! Take it Off! Change!! My Girlfriend failed her High School Debut and became a Hikikomori, so I Decided to Coordinate Her Youth (Fashion), dengan panjang 65 karakter. Tapi sekarang muncul light novel lain dengan judul yang mengalahkannya. Novel tersebut memiliki panjang 69 karakter, yaitu;

(Kono Sekai wa Mou Ore ga Sukutte Tomi to Kenryoku wo Te ni Ireta shi, Onna Kishi ya Onna MaOu to Shirode Tanoshiku Kurashiteru Kara, Ore Igai no Yuusha wa) Mou Isekai ni Konai de Kudasai. Atau (I’ve Already Saved This World and Taken Its Wealth and Power and I Live Happily in a Castle with a Female Knight and Demon Queen, So To All Other Heroes) Stay Out of This Fantasy World.

Sama dengan LN judul terpanjang sebelumnya, yang ini juga belum ada covernya. Mungkin lagi kesusahan berusaha masukin judul juga πŸ˜€ Novel ini ditulis oleh Itou Hiro dengan ilustrasi oleh Ogipote. Yang ternyata sudah lumayan “berpengalaman” mengilustrasikan LN judul panjang. Nih contoh karya lainnya;

Girigiri (ai) mina-san πŸ˜€ walau jika kata kana adaptasi kata Inggris dalam judul light novel Uwami Kuruma dipisah maka panjang kedua judulnya jadi seri. Yang jelas, rasanya judul sudah seperti sinopsis saja πŸ˜€

Tapi ternyata fenomena… unik.. ini juga membawa protes dari pihak yangΒ  tak begitu disangka. Yaitu dari para dealer buku dan translator dari China. Pihak dealer buku mengatakan mereka mendapatkan kesulitan memasukan buku tersebut dalam data katalog mereka karena judulnya yang terlalu panjang dan ruang data terbatas.

judul light novel terpanjang

Sementara para translator China merasa lelah mentranslasi judul tersebut yang sudah terasa seperti mentranslasikan sinopsisnya, belum lagi berusaha membuat hasil translasiannya dapat muat dalam cover editannya.

Kenapaa ya bisa seperti itu… Ternyata, setelah diselidiki, ada alasan kenapa judul light novel itu panjang. Youtuber bernama Anime Man beberapa waktu lalu membuat video yang menjelaskan kenapa light novel, terutama yang modern, memiliki judul panjang seperti itu.

Saat ini, light novel adalah media yang sangat populer. Semakin banyak peminat dan juga authornya. Jumlah yang sangat banyak itu membuat pembaca yang ketoko buku mencari light novel baru jadi repot kalau perlu ambil bukunya dan baca sinopsisnya. Dengan membuat judul yang panjang, light novel tersebut dapat menarik perhatian calon pembaca.

Selain itu, kalau diperhatikan, judul light novel terpanjang tersebut berupa kalimat yang seperti penjelasan. Ini membuat seorang pembaca dapat menerka sebuah light novel dari judulnya tanpa perlu melihat sinopsisnya lebih dekat. Dengan kata lain, judul panjang itu seperti publisitas atau marketing. Seperti berlomba supaya dinotice sempai πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here