Dijaman internet ini, apapun bisa terjadi. Yang tak nyambung bisa saja dipertemukan. Contohnya pertanyaan seputar Naruto yang ditujukan kepada Pak Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Jumlah otaku indonesia dan pengguna internetnya semakin banyak, membuat pertemuan meme lokal dengan meme pop culture Jepang semakin bisa terjadi. Contoh lainnya, berkat kreativitas otaku Indonesia, Persona 5 merambah humor politik.

Tapi sebagai trivia, sebenarnya franchise game Persona itu sendiri juga ada budaya Indonesia loh didalamnya 😉 ciyus. Bagi yang belum tahu soal game Persona, battle system game itu adalah melakukan summon semacam spirit bernama Persona.

(Video mengandung Spoiler)

Persona ini mengambil bentuk berbagai figure dan karakter dari mitologi dan kisah tradisional dari beragam budaya dari seluruh dunia. Indonesia juga termasuk, atau lebih spesifiknya, dari pulau Bali. Yaitu Persona Barong dan Rangda.

Kedua Persona ini berasal dari kisah tradisional pulau Bali. Kedua makhluk legenda yang terikat dalam pertarungan tanpa akhir antara baik dan jahat, dengan Barong yang mewakili kebaikan VS Rangda yang mewakili kejahatan.

otaku indonesia

Tapi kita pindah dari yang tradisional ke yang modern, dari pulau Bali ke kota Jakarta. Karena setelah budaya Indonesia masuk ke Persona, sekarang giliran Persona yang masuk ke budaya Indonesia ini.  Dengan bercampurnya meme game Persona 5 dengan meme humor politik di Indonesia.

Game Persona 5 meleduk popularitasnya. Desainnya yang WAH terutama dalam bagian Battle Menu, membuatnya menjadi meme internet, dan sudah menyebar secara internasional. Sedangkan dari sisi Indonesia sendiri, figure politik juga semakin sering dijadikan meme berkat meningkatnya pengguna internet dan sosmed. Apalagi dengan Hot-nya Pemilihan Umum di Jakarta, dengan kepopuleran Pak Ahok dan Pak Anies-Sandi. Simak beberapa karya keren PLICO (Persona Lovers Indonesia Community Official) dibawah ini:

Pada akhirnya, Pemilihan Umum kota Jakarta selesai, dengan Pak Ahok yang kalah. Tapi walaupun ia kalah, tak dapat dipungkiri kalau Pak Ahok telah berhasil “mencuri” hati warga Indonesia. Mirip Phantom Thief of Heart dalam Persona 5 yang mencuri hati orang jahat untuk menjadikan mereka orang baik.

Popularitas Pak Ahok dibuktikan melalui ribuan bunga yang dikirim kepadanya di Balai Kota sampai sekarang. Dan sebagai penutup, inilah satu rangkaian bunga keren bertema Persona 5 yang dikirim kepada Pak Ahok 😉

2 COMMENTS

  1. tolong kalo mau repost bokyo izin adminnya dulu, udah tidak izin link grupnya gak dimasukan di diksi pula, hanya dibawah artikel sebagai tags, mana ada yg mau ngebaca, apalagi ngeklik, cuma negor aja sih 🙂
    oh iya dan itu juga atas nama PLICO bukan otaku ya, soalnya ga semua fans persona Otaku, btw itu gue yg buat semua dan gue bukan otaku 🙂

    • Hello Agus, kami menyertakan link PLICO (Persona Lovers Indonesia Community Official) sebagai SOURCE ya, artinya SUMBER VALID. Sedangkan battle designnya sendiri sebenarnya sudah banyak tersebar luas di internet sehingga semua orang dapat memakainya. Meski begitu kami hanya mencantumkan nama PLICO sebagai SOURCE. Tentunya agar pembaca tahu, author kami memang berpedoman pada karya anda.

      Lalu, artikel kami bersifat pure NEWS, bukan sesuatu yang kami perjual belikan. Kami tidak mendapat uang sepeserpun dari artikel ini. Terlebih lagi gambar-gambar diatas dapat diakses oleh umum. Itu artinya tanpa izin pun seharusnya tidak menjadi masalah karena kami sudah mencantumkan source yang valid. Bahkan sebenarnya dengan memasukkan nama komunitas anda sebagai source tentunya sangat membantu komunitas anda dikenal orang. Mengingat banyak sekali komunitas yang ingin namanya tersorot dalam media kami.

      Bila keberatan, kami akan menghapus artikel ini. Terimakasih atas perhatiannya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here