Memang bukan hal yang mengherankan untuk mengetahui bahwa Jepang mempunyasi segudang legenda kisah menyeramkan yang unik. Mulai dari sang wania bermulut sobek, hantu yang keluar dari toilet, sang Aka Manto, dan berbagai jenis siluman lainnya. Kali ini penulis akan membahas Oshiroibaba – yaitu sesosok youkai yang menyerupai nenek tua dan menawarkan bubuk putih untuk wajah siapa pun yang mau menerimanya…

Ohsiroibaba dapat diartakan sebagai wanita tua yang membawa bubuk putih untuk wajah. Bubuk putih yang dimaksud adalah semacam bedak dari tepung beras yang biasanya dipakai oleh geisha atau maiko.

Sama seperti yokai yang mencari korban di jalan lainnya, penampilan yokai ini terbilang sederhana dan biasa untuk dikenali. Ia memiliki wujud seorang wanita tua bungkuk yang berjalan dengan tongkat bambu. Banyak yang menceritakan bahwa ia memakai kimono yang sudah lusuh topi yang dibuat dari anyaman yang melindunginya dari badai salju. Wajahnya memakai bedak putih dan tangannya membawa sebotol kecil sake.

mizuki_shigeru_oshiroibaba

Kisah Oshiroibaba muncul di dalam “Toriyama Sekien’s Honjyaku Hakki Sui”. Toriyama mengatakan bahwa ada legenda yang mengatakan bahwa sang dewi kosmetik, Shifun Senjo, mempunyai pelayan yang kemungkinan adalah Oshiroibaba. Dia datang pada saat bulan purnama di bulan ke dua belas.

Legenda lain mengenai yokai ini datang dari Noto Peninsula di perfektur Ishikawa. Legenda dari Noto menceritakan bahwa Oshiroibaba adalah sesosok yokai yang memiliki wujud wanita tua yang keluar pada saat terjadi badai salju dengan botol sake hangat di tangannya.

Sekilas, yokai yang satu ini memang terdengar tidak berbahaya. Akan tetapi cara kerjanya yang cukup licik ternyata mampu untuk menuai korban. Cara yang dipilih untuk membunuh korbannya memang terbilang aneh, tetapi bukan berarti tidak berbahaya.

Jika kamu bertemu dengannya, maka ia akan menanyakan apakah kamu mau mencoba produk bedak bubuk putih yang ia bawa atau tidak. Jika kamu menjawab “Iya”, maka kamu akan mendapatkan “sampel” produk tersebut. Akan tetapi, jika kamu memakainya maka wajah mu akan hancur dan meleleh. Inilah cara yang digunakan sang “white – powder hag” untuk mendapatkan korbannya. Jika kamu ingin menghindarinya maka kamu cukup untuk menolak tawaran tersebut. Tidak seperti kebanyakan hantu – hantu Jepang lainnya, diceritakan tidak ada pertaruhan hidup – mati jika kamu menolak tawarannya, sehingga pilihan ini tentunya lebih aman untuk diambil.

Sosok ini juga muncul dalam film “Yokai Hyaku Monogatari” pada tahun 1968, menandakan bahwa legendan akan sosok ini cukup dikenal masyarakat pada masanya.

oshiroi-baba-hyakumonogatari