Awal tahun ini sebuah survey yang dibuat oleh site kosmetik Jepang Love Cosme menunjukkan kalau ukuran payudara wanita Jepang menjadi semakin besar dari sebelumnya. Ternyata tak hanya mereka yang melakukan research akan hal itu, karena awal bulan ini dilakukan survey serupa oleh Triumph, manufaktur lingerie terbesar di Jepang. Dan dari survey tersebut, hasilnya menunjukkan juga kalau Ya, oppai wanita Jepang memang membesar.

Survey yang dilakukan oleh Triumph memakai subjek para wanita Jepang yang berumur antara 20-60 tahun, dan mereka menemukan adanya perkembangan yang terjadi perlahan. Dikatakan kalau dari data yang didapat, para pelanggan mereka yang memakai BH D-Cup hanya sebesar 4.5% tapi angka itu membesar 4 kalinya 10 tahun berikutnya pada tahun 1990.

Dan pertumbuhannya tak hanya sampai disitu, tapi terjadi setiap tahun. Dan ditemukan kalau pelanggan mereka yang memakai BH D-cup keatas pada tahun 2018 telah mencapai 53%! Yang berarti ada pertumbuhan sampai 12 kali lipat dalam 40 tahun. Dan dikatakan juga kemungkinan pertumbuhan ini masih akan berlanjut.

Dari beberapa sumber juga menjelaskan kemungkinan penyebab hal ini. Diantaranya adalah perubahan pola makan orang Jepang yang semakin banyak mengkonsumsi daging dan juga pengaruh budaya barat, dan satu lagi adalah semakin diajarkan cara pemakaian dan pemilihan bra yang baik dan benar oleh pembuat pakaian dalam, seperti Triumph.

Statistik yang menarik, tapi bagaimana pendapat para orang-orang Jepang itu sendiri? Nah channel Youtube Asian Boss baru-baru ini setelah melakukan episode wawancara cosplayer Indonesia Lola Zieta, membuat episode akan hal tersebut.

Mereka melakukan wawancara mempertanyakan hasil survey tersebut kepada orang-orang Jepang, spesifiknya yang tinggal di daerah Shounan yang terletak di Kanagawa, yang menariknya menjadi tempat dimana pertumbuhan oppai terlihat lumayan besar menurut survey oppai Love Cosme dimana ukuran cup rata-ratanya meningkat dari B ditahun 2012 jadi E ditahun ini.

Ironisnya, tak ada yang tahu akan survey tersebut dan hasilnya lumayan mengejutkan mereka karena banyak yang berpendapat kalau payudara wanita Jepang tidak begitu besar walau itu juga setelah mereka bandingkan dengan ukuran payudara wanita negara luar. Silahkan dicek episode full disini dimana ditanyakan juga pendapat mereka akan operasi plastik payudara.