Akiba – chan dan Akiba – kei pernah kesal berkepanjangan dengan seseorang? Atau mungkin cemburu, marah, iri, atau sakit hati karena perbuatan orang lain sampai menjadi dendam? Wah, kalau iya berarti Akiba – chan dan Akiba – kei harus berhati – hati nih, karena menurut kepercayaan di Jepang, kalau seseorang meninggal dengan menyimpan dendam atau rasa cemburu yang sangat dalam, ia akan menjadi “Onryou”.

Kisah awal Onryou ini diceritakan oleh Yotsuya Kaidan, “The Ghost Story of Yotsuya”. Diceritakan bahwa asal – muasal lahirnya Onryou ini ketika dahulu kala ada seorang wanita yang dihina – hina lalu dibunuh oleh suaminya dengan cara yang terperinci. Cerita tentang roh jahat yang satu ini telah diceritakan ulang berkali – kali dalam buku, film, bahkan kabuki. Ada mitos yang mengatahan bahwa siapa pun yang menceritakan ulang cerita Yotsuya Kaidan yang ini akan terkena luka serius atau bahkan meninggal.

Pada dasarnya, Onryou adalah roh gentayangan dari orang yang meninggalnya gak tenang. Masih punya dendam tak terbalas atau perasaan cemburu yang terbawa sampai ke liang lahat. Mereka muncul sebagai dengan wujud yang menyeramkan. ya mirip mirip miss kunti di Indonesia gitu deh Rambut hitam panjang terurai dengan baju tradisional putih panjang dan luka yang menjadi ciri khasnya sebelum mereka kehilangan nyawa. Entah itu karena bunuh diri, korban perang, atau pun dibunuh.

onryo1-790x780

Banyak yang mengatakan bahwa hantu ini merupakan hantu yang paling ditakuti masyarakat Jepang. Hal itu karena kekuatan kutukan dan “bakat” menghantuinya yang sangat hebat. Roh gentayangan ini tersebar ke seluruh Jepang. Menghantui orang – orang yang membuat ia menderita selama hidup lalu meninggalkan kutukan di tempatnya.

Roh ini hanya ingin satu hal. Balas dendam. Sayangnya mereka tidak akan membuat semua menjadi mudah untuk korbannya. Walaupun hantu – tukang – balas – dendam ini bisa dengan mudah membunuh korban mereka dalam hitungan detik, mereka lebih suka menghantui korban mereka secara perlahan, membuatnya ketakutan dan menderita dengan kutukan yang ada, lalu dibunuh. Jika kebanyakan hantu atau roh yang meninggalkan kutukan akan pergi membawa serta kutukannya ketika “diusir” atau tujuannya sudah tercapai, hantu ini akan pergi tetapi meninggalkan kutukannya. Selain itu, kutukan hantu ini bersifat “menular”. Jadi kalau kamu kena kutukan dia lalu menyentuh saudara atau teman mu, kutukannya akan menular dan menciptakan lingkaran kematian.

070-onryou

Lahir dari dendam, perawakan menyeramkan, skills menyiksa dan membunuh yang tinggi, dan kutukan yang bersifat menular, tidak heran kalau hantu ini menjadi hantu yang paling ditakuti di Jepang.